BMKG Bantu Mahasiswa Geografi Ciptakan Hujan Buatan

Sebarkan:

Foto : Mohammad Riva saat Mendampingi Mahasiswa Melakukan Proses Hujan Buatan

TERNATE, Potretmalut.com – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Geografi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sabtu (21/1/2018) melakukan pratek hujan buatan di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Babullah Ternate.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, Mohammad Riva Narudin mengatakan, cara membuat hujan buatan dengan penyemaian awan atau diistilahkan cloud seeding, membuat awan menggumpal dan disemai sehingga akan memberikan efek berupa turun hujan. “Beberapa tempat sering dilakukan hujan buatan ini adalah daerah yang membutuhkan hujan alami, akan tetapi cara ini membutuhkan proses fisika,” katanya

Hujan buatan merupakan hujan yang diturunkan manusia, dengam cara fisika
Cara membuat proses ini melibatkan proses tumbukan dan penggabungan yang nantinya diolah dengan proses pembentukan ice nucleation (Es batu) sehingga kemudian pemilihan awan yang memiliki kandungan air yang bisa dikatakan cukup banyak. “Fungsinya agar massa yang ditambahkan itu untuk menurunkan hujan,” jelasnya

Dirinya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan sperti ini, mahasiswa akan menjadi kepanjangan tangan setelah menjadi tenga pendidik. “Nantinya para mahasiswa mau tidak mau akan menjadi seorang pendidik, pemahaman-pemahaman ini tentunya membantu mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan kepada peserta didik,” cetusnya. 

Sementara itu, Ketua Prodi Geografi STKIP Ternate, Alwi La Masinu mengucapkan apreasisasi kepada BMKG yang dimana telah menerima mahasiswa dalam melakukan praktek. “Atas nama pribadi saya ucapkan banyak terima kasih,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, tujuan dari kegiatan tersebut, untuk mengoptimalkan kerjasama dalam mendukung program studi Geografi.

Pihaknya akan tetap menjaga hubungan kerja ini demi kelancaran bersama. “Kegiatan praktek ini, semoga kedepan semuanya bisa memberikan dampak positif terhadap mahasiswa dan masyarakat secara langsung,” tutupnya. (ko/ces)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini