Malik Silia : Bangunan Sekolah Yang Rusak Akan Menjadi Skala Prioritas

Sebarkan:
Abdul Malik Silia : Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara

TERNATE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara, Abdul Malik Silia, menemukan banyak masalah terkait sarana dan prasarana di sejumlah sekolah yang ada di Malut.

Hal tersebut dijumpainya saat tengah melakukan agenda reses masa persidangan ke I tahun 2021-2022 di Daerah Pemilihan atau Dapil I yakni Kota Ternate dan Halmahera Barat, pada Senin 31 Januari 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Malik menemukan Bangunan Sekolah di SMA Mafakati, Kelurahan Togolobe, Pulau Hiri, Kota Ternate yang sebagian masih menggunakan papan.

“Terdapat satu ruang guru yang berdinding papan. Kenapa masih ada sekolah yang berada dilingkungan kota tapi masih berdinding papan. Ini harus menjadi perhatian pemerintah,”ujarnya.

Malik yang juga Sekretaris DPW PKB Malut ini menambahkan, di SMA Mafakati hanya terdapat dua ruang kelas, satu ruang laboratorium namun difungsikan sebagai ruang belajar.

“Saya heran, sekolah yang berdiri sejak 10 tahun lalu ini belum mendapat perhatian dari pemerintah. SMA Mafakati sendiri merupakan sekolah swasta, mereka sudah lima kali melaksanakan Ujian Nasional,”ungkapnya..

Malik bilang, Setiap tahunnya jumlah siswa di SMA Mafakati makin bertambah, di tahun 2022 jumlah siswa sudah bertambah menjadi 80 orang. Jadi sekolah ini harus menjadi perhatian pemerintah.

“Dengan keterbatasan ruang belajar ini tentu harus menjadi perhatian semua pihak. Yang pasti temuan ini akan menjadi prioritas dan akan kami perjuangkan sesuai kewenangan,”ucap Malik.

Lanjut Malik, Antusiasme warga di Pulau Hiri terhadap dunia pendidikan patut dijadikan contoh. Ada orang tua siswa atau warga disana memiliki semangat yang tinggi.

“Pada saat melakukan reses, yang saya jumpai adalah adalah warga berpartisipasi membangun pondasi untuk ruang guru yang dilakukan secara swadaya. Ini akan saya jadikan sebagai catatan penting untuk menjadi prioritas yang akan kami perjuangkan sesuai kewenangan,”tutupnya.(red


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini