Buka Puasa Bersama, KAPITA Maluku Utara Hadirkan Ustadz M. Thariq Kasuba

Sebarkan:
KAPITA Malut Hadirkan Ustadz M Thariq Kasuba  

TERNATE, PotretMalut - Koalisi Pemuda Indonesia (KAPITA) Maluku Utara menggelar buka puasa bersama dengan Ustadz M. Thariq Kasuba, di Mozaik Café, Senin (17/4/2023).

Laksamana KAPITA Nuryadin Rahman dalam sambutan mengatakan, KAPITA lahir sebagaimana organisasi lain. Ada kesamaan pandangan dan keprihatinan terhadap keadaan masyarakat adat Maluku Utara.

“Jadi penamaan KAPITA itu ada korelasi semangat kebudayaan untuk ikut melestarikan adat Maluku Utara,”ungakp Nuryadin yang juga Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Ternate.

Meski begitu, lanjutnya, suasana organisasi masih dalam persahabatan, belum sebagaimana organisasi lain yang telah melakukan kaderisasi organisasi.

“KAPITA itu berkumpul kemudian berdiskusi dan melahirkan gagasan-gagasan strategis untuk diberikan kepada pemerintah untuk pembangunan,”jelasnya. 

Dia menambahkan, organisasi yang berdiri tahun 2013 dan dideklarasikan pada 2014 itu, memiliki anggota dari berbagai latar belakang profesi maupun suku di Malut.

Sementara, Panglima KAPITA Imanullah Muhammad yang juga Ketua DPD KNPI Maluku Utara mengatakan, di KAPITA ada semua versi KNPI, namun di dalam Kapita semua sekat itu hilang.

“KAPITA pada mulanya adalah organisasi untuk ketua-ketua pemuda yang ada di Kota Ternate. Saat ini KAPITA sudah menjadi OKP Nasional dan telah terbentuk di 4 Kabupaten/Kota,”ungkapnya.

Sedangkan, Ustadz M. Thariq Kasuba menjelaskan dalam tausiyahnya, insprirasi tentang pemuda dapat dilihat dari Al-Qur’an Surah Az-Zariyat ayat 21 (Wa fī anfusikum, a fa lā tubṣirụn). Artinya, “Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

“Setiap manusia memiliki potensi, temukan potensi itu dan kembangkanlah,”tandasnya. 

Tentang Maluku Utara, Tariq mengatakan, sumber daya alam yang melimpah harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya.

“Cita-cita saya, generasi di Maluku Utara harus diarahkan agar ahli dalam bidang tertentu sehingga kekayaan alam dapat dimaksimalkan,”ungkapnya.(mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini