Sekprov Minta OPD Optimalkan Sumber Pajak Daerah

Sebarkan:
Rapat Koordinasi Pendapatan Daerah bersama OPD Malut

TERNATE , PotretMalut - Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Drs Samsuddin A. Kadir M.Si membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi pendapatan daerah bersama OPD pengelolah pendapatan daerah yang diselenggarakan oleh Bappenda Provinsi Malut.

Kegiatan tersebut bertempat di Red Corner, Rabu (27/9/23). 

Samsuddin dalam sambutannya mengatakan, seluruh pimpinan harus mengoptimalkan sumber pajak daerah. 

"Hal ini sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, " ujarnya.

Menurutnya, Salah satu kebijakan yang ditempuh Pemerintah Daerah saat ini adalah dengan memaksimalkan pendapatan yang berasal dari Pajak  Daerah dan Retribusi Daerah. Dimana  komponen ini merupakan komponen yang sangat menjanjikan, seperti adanya perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Malut tentunya kewajiban perusahaan atas membayar Pajak Daerah perlu dimaksimalkan. 

"Pemerintah Daerah terus berupaya keras mencari sumber-sumber Pendapatan Daerah potensial, sembari mengoptimalkan sumber-sumber pajak daerah yang telah dipungut selama ini," ucapnya 

Samsuddin menegaskan, strategi dan kebijakan dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) adalah mengevaluasi peraturan daerah dengan memperhatikan potensi kekayaan alam dan hasil bumi di Provinsi Maluku Utara yang sangat melimpah. 

"Saya juga mengajak seluruh OPD agar berorientasi pada pendapatan dengan melihat peluang yang bisa dijadikan sumber pendapatan bagi daerah, melalui sektor retribusi khususnya pada Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah yang selama ini masih kurang dioptimalkan, tandasnya. 

Hadir sebagai pembicara pada rakor ini, Kaban Bappenda, Jainab Alting, Kepala Inspektorat Nirwan M.T Ali. Dan diikuti oleh para pimpinam OPD terkait dan tamu undangan lainnya. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini