Ternate Punya SIGOFI GAM, Aplikasi Pengaduan Tentang Sampah

Sebarkan:
Reformer SIGOFI GAM, Tonny S. Pontoh

TERNATE, PotretMalut - Menghadapi permasalahan sampah di Kota Ternate, kini hadir aplikasi SIGOFI GAM yang merupakan proyek perubahan reformer Tonny S. Pontoh, S.sos, M.Si, sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan XXIII tahun 2023.

SIGOFI GAM yang merupakan aplikasi penanganan sampah berbasis partisipasi masyarakat menuju Ternate bebas sampah itu, di Launching pada Senin, (23/10/2023), bertempat di Royal Resto Ternate.

Tonny yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate itu mengatakan, dengan aplikasi tersebut bisa didengarkan langsung keluhan-keluhan masyarakat. 

"Untuk masuk aplikasi, cukup scan qr code, ketika sampah tertumpuk di suatu kelurahan misalnya, warga langsung bisa melapor,"ungkapnya.

Tonny menjelaskan, laporan warga tersebut langsung diterima pihaknya dan tim Satuan Tugas (Satgas) langsung turun ke lokasi dalam waktu yang tidak terlalu lama. "Langsung kita tangani. Satgas langsung turun ke lokasi,"ujarnya.

Ia menyebutkan, kalaupun dalam sehari laporan warga cukup banyak dengan wilayah Kota Ternate yang terbilang cukup besar, akan dipetakkan atau tim Satgas disebarkan.

"Tiap pagi kan DLH angkut sampah, Jadi yang belum terangkut akan diangkut tim Satgas,"sebutnya.

Tonny menambahkan, ada tim Satgas yang siaga di kantor yang selalu memantau dan menunggu laporan warga. 

"Tim tersebut sudah berjumlah 50 personel, dan telah diatur waktu kerjanya,"pungkasnya. (Ham/red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini