KAPITA Maluku Utara Gelar Family Gathering Persiapan Bacarita Pemuda Kampung

Sebarkan:
Pengurus KAPITA Malut usai family gathering 

TERNATE, PotretMalut - Koalisi Pemuda Indonesia (KAPITA) Maluku Utara menggelar family gathering (pertemuan keluarga) persiapan Bacarita Pemuda Kampung menyambut Pemilu 2024.

Family gathering bertajuk "Bacarita Kampung: Pemuda Bacarita Pemilu 2024" itu, berlangsung di room Ternate, lantai 3 Sahid Bella Hotel, Minggu, (17/12/2023).

Steering Committe (panitia pengarah) Bacarita Pemuda Kampung, Muhammad Fajri mengatakan, bacarita pemuda kampung merupakan program primadona KAPITA.

"Dalam bacarita pemuda kampung, ukuran dan variabel yang digunakan sangat matang, menggunakan rumusan kebijakan dan proses berkebijakan yang sangat rasional," ungkapnya.

Fajri menuturkan, sebagai subjek, mitra, dan inisiator pembangunan, keterlibatan seluruh perwakilan pemuda kelurahan di Kota Ternate menjadi penting.

"Sehingga lewat Pemilu 2024 ini, proporsi pemuda benar-benar dihitung sebagai bagian dari kekuatan utama dalam melaksanakan amanah Pembukaan UUD 1945," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ghalu itu menyebutkan, target kegiatan tersebut akan menghasilkan rekomendasi fundamental yang menjadi acuan dan standar kebijakan-kebijakan yang akan lahir di negeri ini. 

Ia mengatakan, ada nilai-nilai yang harus dicapai sebagai instrumen pengikat seluruh pemuda, terutama perwakilan kelurahan.

"Anggota legislatif yang dihasilkan haruslah benar-benar menjadi mediator atas berbagai kebutuhan rill pemuda di Kota Ternate," ujarnya.

Ghalu menambahkan, setelah Pileg, bacarita pemuda kampung "Pemuda Bacarita Pemilu" akan kembali dihelat, sebab selain Pileg pada bulan Februari, ada juga Pilwako yang akan berlangsung pada September 2024.

Ia menyebutkan, sebagai langkah implementasi target dan capaian dalam kalender program strategis KAPITA 2023-2024, kegiatan tersebut memiliki ukuran dan takaran yang sangat matang sebagai kegiatan yang berorientasi program

"Proyeksi sekaligus eksekusi atas kegiatan adalah berdasarkan telaah harapan dan kenyataan (Das Sollen dan Das Sein)," jelasnya.

Sementara, Laksamana KAPITA Ternate, Arief Mardiyanto saat closing statement mengatakan, dalam bacarita pemuda kampung, akan dihadirkan narasumber dari berbagai latar belakang, terutama akademisi.

"Siapapun nanti narasumbernya, yang terpenting mereka memberikan kontribusi untuk kemajuan Kota Ternate," ungkap Arief.

Suasana family gathering KAPITA Malut

Bersamaan, Panglima KAPITA Malut, Imanullah Muhammad menjelaskan, bacarita pemuda kampung akan menyerap aspirasi pemuda se-Kota Ternate.

Menurutnya, melalui kegiatan dengan kerangka akademik, dapat menghasilkan rekomendasi kepada Pemerintah.

"Ada pertanggung jawaban secara ilmiah, nantinya menjadi kerangka pemerintah dalam mengambil kebijakan," pungkasnya.

Bacarita pemuda kampung ditargetkan akan berlangsung pada 27 Desember, bertempat di Kelurahan Mangga Dua, Ternate Selatan. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini