15 Desa di Halsel Dapat Bantuan Lumbung Pangan

Sebarkan:

Bupati Halsel, Ali Bassam Kasuba menyerahkan lumbung pangan secara simbolis dengan pengguntingan pita

HALSEL, PotretMalut – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Pertanian Halsel, memberikan bantuan bangunan Lumbung Pangan di 15 Desa, sesuai dengan hasil pemetaan di 249 Desa se-Kabupaten Halmahera Selatan.

Pemberian bantuan tersebut bersamaan dengan bantuan sejumlah 5 ton beras dan 2,5 ton sagu tumang.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba menyerahkan  lumbung pangan secara simbolis dengan pengguntingan pita dan penyerahan beras secara simbolis kepada masyarakat di Desa Gonone, Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Kamis, 30 Januari 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten, Ibu Rifa’at Al Sa’adah Kepala-Kepala OPD, Kabag, Camat, dan Kepala-Kepala Desa se-Kecamatan Gane Barat Selatan.

Sekretaris Dinas Pertanian Halsel, Hj. Suratmi Al Jogja dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dengan situasi global saat ini, dan terjadinya cuaca ekstrim, terdapat beberapa dampak yang muncul, salah satunya dengan terjadinya kekurangan bahan pangan di dunia, termasuk bagi kita di Indonesia.

“Kita di Indonesia rata-rata makanan pokoknya adalah beras, maka keberadaan lumbung pangan ini juga sangat berguna, karena jumlah hasil panen akan sangat terpengaruh oleh cuaca ekstrim” katanya

Lanjutnya, Kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap perkembangan pasokan bahan pangan yang kemudian dihasilkan oleh petani, hal inilah yang mendorong Pemerintah Halsel, melalui pemetaan di 249 Desa dan terdeteksi 15 Desa dengan kerawanan pangan tertinggi.

Sementara Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba juga mengatakan selaku Pemerintah Kabupaten mendorong program sebagaimana tercantum dalam salah satu visi misi  yaitu untuk memastikan ketersedian pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Orang nomor satu di Halsel itu berharap agar bangunan lumbung pangan tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin sesuai fungsinya. 

“Saya secara pribadi merasa sangat bahagia karena bisa hadir di tengah-tengah keluarga sekalian yang ada di Desa Gonone, karena Gonone sendiri adalah Desa yang istimewa bagi Kami, mudah-mudahan dengan kehadiran lumbung pangan dan bahan pangan yang disediakan ini dapat dimanfaatkan dikelola sebaik mungkin, serta dan diberikan kepada penerima yang tepat” tandasnya. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini