MAN 2 Halut Yudisium Peserta Didik Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024

Sebarkan:
Yudisium peserta didik MAN 2 Halut

HALUT, PotretMalut - Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Halmahera Utara, menggelar yudisium atau pelepasan peserta didik Kelas XII tahun pelajaran 2023/2024 di halaman sekolah, Kamis (16/05/2024). Acara berlangsung dengan suasana penuh ceria dan haru yang menyelimuti seluruh keluarga besar Man 2 Halut.

Yudisium diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, diteruskan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, hymne Madrasah dan laporan ketua kanitia,  kemudian sambutan-sambutan dan serta orasi Ilmiah. 

Kepala MAN 2 Halut, Harianto H Usman, S.Pd.M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, MAN 2 Halut saat ini memiliki tenaga pendidik ASN sebanyak 27 orang dan tenaga non ASN 28 orang. Jumlah siswa sebanyak 340 orang yang tercatat di BAP Emis Tahun 2022/2023. “Sarana dan prasarana yang dimiliki MAN 2 Halut masih terbatas. Jumlah rombel sebanyak 13 dan 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan IPS,”kata Harianto. 

Sementara, Kamad menambahkan, di MAN 2 Halut juga ada program plus keterampilan, yaitu multimedia dan otomotif yang sarananya cukup lengkap. “Insya Allah 2 jurusan itu akan dibuka tahun pelajaran 2024/2025,”ucapnya. 

Dia menambahkan, program unggulan di MAN 2 Halut lainnya yaitu penulisan karya tulis ilmiah (KTI). Program karya tulis ilmiah ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian ujian Madrasah dan ini merupakan tahun kedua siswa menulis KTI. 

“Karya Tulis siswa tersebut dipresentasikan di depan Prof. AR. Tolangara, M.Si yang merupakan Dosen Unkhair Ternate, dan Dr Iksan Gula sebagai tenaga penggerak sekolah menulis nasional pada tingkat Nasional, serta Kakanwil Kemenag Prov. Malut, Hi. Amar Manaf,"sebutnya. 

"Kemudian pembinaan bahasa asing yang sudah 2 tahun kita programkan di Kampung inggris Pare, Kediri Jawa Timur. Tahun ini direncanakan tenaga pengajar Galaxy Institut Pare Kediri Jawa Timur itu kita datangkan untuk memberikan pembinaan bahasa Inggris dan Arab di MAN 2 Halut. Tentunya pembinaan tersebut akan melibatkan lebih banyak siswa," sambung Kamad.

Menurutnya, program pembinaan bahasa asing ini penting karena siswa harus dibekali untuk lebih banyak membaca, sebab tujuan literasi yang diprogramkan oleh pemerintah saat ini adalah bagaimana siswa bisa membaca, menulis, memahami dan mengimplementasikan apa yang dibaca dan tulis.

Sementara dalam sambutannya, Dr Iksan Gula, S.Pd mengatakan, MAN 2 Halut adalah satu- satunya Madrasah/sekolah di Maluku Utara, bahkan nomor dua di Indonesia timur yang lolos di Sekolah Literasi Nasional.

"Alhamdulillah, ini juga sudah di SK kan oleh Kemendikbudristek dan sudah memiliki lisensi buku tingkat Nasional dengan judul E200445SLN Sekolah Literasi Nasional 2024 MAN 2 Halut dengan judul Emas di Pesisir Pantai. Insya Allah buku tersebut disalurkan ke Perpustakaan Nasional dan Toko Buku Gramedia di seluruh Indonesia,"ujarnya. 

Di akhir sambutan, Pak Ican sapaan akrabnya menitip pesan kepada seluruh guru Man 2 Halut, jangan menyerah. Teruslah tergerak, bergerak dan menggerakkan, lanjutkan merdeka belajar agar semua stakeholder pendidikan merasakan merdekanya pendidikan, merdeka proses pembelajaran dan tujuan pembelajarannya. 

Kasubag Tata Usaha Kemenag Halut, Drs Rustam Ja'far menyampaikan penghargaan kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Halut dan  Dewan Guru, bahwa ini adalah sebuah langkah maju. MAN 2 Halut bisa bekerjasama dan menghadirkan Prof Abdullah Rasid Tolangara, S.Pd, Msi yang juga guru besar Universitas Khairun Ternate, serta Dr Iksan Gula selaku tenaga Penggerak Penulis Nasional.

"Ini menjadi motivasi bagi kita semua khususnya siswa/i di MAN 2 Halut agar jangan berhenti menuntut ilmu, jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita miliki. Saya akan menyampaikan hal ini semua kepada Kepala Kantor Kemenag untuk menjadikan MAN 2 Halut sebagai sekolah favorit,"terangnya. 

Acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof Dr. Abdul Rasyid Tolangara S.Pd MSi dengan judul  “Etnobotwni dan Potensi Tumbuhan Obat Pada Beberapa Etnis di Maluku Utara (Ternate, Makean, Tidore, Tobaru, dan Modole).” 

Di akhir kegiatan, sesi foto bersama dan selingan yang ditampilkan oleh Sanggar MAN 2 Halut Kreatif, di antaranya pembacaan puisi, tarian dan syarhil Qur'an, MAN 2 Halut, Madrasah, Mandiri, Berprestasi. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini