KNPI Kota Ternate Bersama BPCB Gandeng Stekholder Gelar FGD

Sebarkan:
Pose Bersama Usai Gelar FGD
TERNATE – Demi menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah yang ada di Provinsi Maluku Utara (Malut), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Ternate dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kota Ternate menggelar Focus Grup Discussion (FGD) bertempat di Batik Hotel Kelurahan Kalumpang Kecamatan Ternate Tengah Kamis (02/08/2018).

Diskusi degan tajuk “ Perencanaan Pemugaran Benteng Orangge” dihadiri langsung oleh Surya Helmi selaku tim ahli cagar budaya nasioal, Kepala BPCB Malut Muhammad Husni, Arifin Umasangaji selaku mewakili Pemokt Ternate, serta dihadiri oleh tim peneliti dari universitas khairun Ternate dan beberapa komunitas juga menghadiri FGD tersebut.

Kepala BPCB Malut M Husni kepada sejumlah wartawan mengatakan kegiatan diskusi ini berupaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk lebih giat melestarikan cagar budaya peninggalan sejarah dan mempertahankan nilai sejarah yang ada. Maka sudah seharusnya peninggalan sejarah berupa benteng dibutuhkan pemugaran salah satunya benteng orangge

“ pelestaian dan perencanaan pemugaran benteng orangge  akan menjadi nilai sejarah yang harus dipertahankan dengan baik. kita buat suatu destinasi agar menarik perhatian untuk mempertahankan nilai sejarah dan destinasi yang ada, “
Ia menambahkan, kedepannya bukan hanya kegiatan seperti pemugaran benteng yang menjadi prioritas uatama akan tetapi kegiatan lain yang berkaitan dengan pelestarian juga menjadi prioritas.

Sementara ketua KNPI Kota Ternate Syahroni A Hirto menambahkan perencanaan pemugaran ini dengan maksud sebagai meningkatkan nilai sejarah dan akan diarahkan pada potensi pariwisata Kota Ternate.

Lanjut dia, selama ini pemerintah kelihatan berjalan sendiri tanpa ada kerja sama. Maka dari itu, KNPI Kota Ternate dan beberapa komunitas untuk menciptakan kegiatan ini dan BPCB juga merespon dengan baik dengan adanya kegiatan ini.(mal)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini