Mendagri Pimpin Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020

Sebarkan:

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian

TERNATE - Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang didampingi sejumlah Dirjen di Kemendagri mengunjungi Maluku Utara guna melaksanakan rapat koordinasi kesiapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan memberikan pengarahan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara yang digelar di Royal meeting center Ternate. (Kamis, 09/07/2020).

Dalam pemaparanya, Tito mengatakan, pentingnya penerapan protokol kesehatan serta penjadwalan dalam pemungutan suara, kegiatan kampanye para kandidat, dapat dimaksimalkan secara daring baik melalui media massa maupun media sosial serta apabila dimungkinkan dilaksanakan kampanye terbuka maksimal hanya diperbolehkan diikuti oleh 50 orang.

Mantan Kapolri ini menambahkan, masih kecilnya jumlah dukungan anggaran Pilkada yang telah ditransfer oleh pemerintah daerah kepada KPU maupun Bawaslu hal tersebut dapat menjadi penghambat dalam kelancara kegiatan Pilkada sehingga diharapkan dapat menjadi atensi para Bupati/Walikota agar segera merealisasikan hingga 100 persen.

“ Bupati dan Wali Kota diharapkan dapat segera merealisasikan anggaran untuk penyelenggaran pemilu”.

Terpisah Kepala Biro Protokol kerjsama Kumunikasi Publik Malut Muliyadi Tutupoho mengatakan, rapat koordinasi terkait Pilkada serentak yang akan digelar di sejumlah Kabupaten/Kota di Maluku Utara,dapat menyesuaikan dengan protocol kesehatan ditengah wabah Covid-19.

Menurutnya, dengan situasi Covid-19 sehingga diperlukan adanya penyesuaian dalam pelaksanaan mulai awal tahapan Pemilukada hingga pengumuman harus merujuk pada protokol kesehatan untuk itu Menteri Dalam Negeri memberikan arahan secara langsung teknis pelaksanaan agar kegiatan Pemilukada dapat berjalan dengan aman dan lancar dan terhindar dari penyebaran Virus Covid-19 (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini