Pemkab Halsel Kembali Bangun Tiga Puskesmas Mewah

Sebarkan:
Puskesmas Babang Kecamatan Bacan Timur salah satu Puskesmas mewah yang dibangun Pemkab Halsel tahun 2019. (Istimewa)

HALSEL -  Setelah membangun empat pusat pelayanan masyarakat (Puskesmas) yang boleh dikatakan mewah pada tahun anggaran 2019, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel) kembali membangun tiga Puskesmas mewah di tahun 2020 ini.

Keempat Puskesmas mewah tersebut diantaranya Puskesmas Babang Kecamatan Bacan Timur, Puskesmas Dolik Kecamatan Gane Barat Utara, Puskesmas Makian Kecamatan Makian Pulau dan Puskesmas Jiko Kecamatan Mandioli Selatan. 

"Keempat puskesmas itu saat ini sudah melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Hasna Muhammad, Senin 26/10/2020.

Pemerintah Halsel juga pada tahun 2020 ini membangun tiga puskesmas baru yakni Puskesmas Kayoa Kecamatan Kayoa, Puskesmas Bajo Sangkuang Kecamatan Botang Lomang dan Puskesmas Laiwui Kecamatan Obi. Ketiga Puskesmas tersebut model dan kapasitas seperti empat Puskesmas sebleui.
 
"Bangunan puskesmas yang di bangun ini anggarannya lewat dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi di kementerian Kesehatan lewat usulan dari Pemkab Halmahera Selatan," ujar Hasna.

Sementara di tahun 2021 nanti Pemkab Halsel juga telah mengusulkan dua Puskesmas lagi yaitu Puskesmas Mafa Kecamatan Gane Timur dan Puskesmas Gandasuli Kecamatan Bacan Selatan.

"2021 kementerian Kesehatan pastikan bangun dua bangunan puskesmas karena usulan telah di akomodir," tutur Hasna.

Kendati telah selesai dibangun, sejumlah Puskesmas tersebut belum diresmikan.

"Insha Allah empat Puskesmas yang dibangun tahun 2019 akan diresmikan dalam waktu dekat, termasuk tiga puskesmas yang dibangun ditahun 2020 diresmikan pasca selesai pembangunan," ujarnya.

Selain meningkatkan infrastruktur kesehatan Pemkab Halmahera Selatan melalui dinas Kesehatan juga fokus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Buktinya Dinas Kesehatan telah bekerjasama dengan RSU Chasan Boesoirie Ternate dan RSU Weda Halteng untuk masyarakat yang melakukan pengobatan di kedua daerah tersebut. 

"Selain pembenahan infrastruktur fisiknya, pelayanan kesehatan juga tetap diperbaiki jadi seluruh bidan desa dan pelayanan masyarakat di Puskesmas tetap ditingkatkan," pungkasnya.
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini