Dikbud Malut Sosialisasi Petunjuk Teknis Penanganan BOS

Sebarkan:

 

Sekertaris Dikbud Malut, Amirudin 


TERNATE
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Utara gelar  sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler (BOS Reguler). Sosialisasi ini berlangsung di SMK Negeri I Ternate.

Sekretaris Dinas Dikbud Malut Amirudin mengatakan, berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021, bahwa prinsip penggunaan Dana BOS, pertama mendukung konsep “Merdeka Belalar” penggunaan dana BOS disusun sesuai dengan kebutuhan sekolah termasuk untuk penanganan COVID-19, baik dalam kondisi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) maupun Belajar Dari Rumah (BDR).

Kedua, harus bersifat tidak kaku dan mengikatan dalam artian dana BOS 2021 tidak ditentukan kuantitas dan kualitas jenis barang, serta tidak ditentukan persentase penggunaannya.

Ketiga, pengelolaan berdasar manajemen berbasis sekolah. Sekolah diberikan fleksibilitas terhadap penggunaan sumberdaya baik dalam bentuk dana, informasi dan pengetahuan, untuk berinovasi dan berkreativitas secara mandiri dengan memperhatikan prinsip-prinsip efisiensi, efektifitas, akuntabilitas, dan transparansi.

Selain itu Amirudin menyampaikan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran kepada satuan pendidikan melalui Dana BOS Tahun 2021 yang bertujuan untuk membantu pendanaan biaya operasional dan Non-Personalia dalam rangka peningkatkan mutu pembelajaran dan pemenuhan sebagian Standar Nasional Pendidikan.

"Saya berharap, dapat melaksankan penggunaan anggaran BOS sesuai juknis sebagai pedoman mulai dari perencanaan pelaksanaan dan pelapora," terangnya. (adv/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini