Pemkab Halsel Cari Kapal Pengganti KM. Cahaya Arafah

Sebarkan:

Seskab Halsel, Saiful Turuy. (dok.Buwas/BMG)
TERNATE,BRN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan rencana mengalihkan satu kapal menggantikan KM Cahaya Arafah untuk melayani penumpang tujuan Ternate- Gane Barat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekertaris Kabupaten (Seskab) Halsel Saiful Turuy, saat menghadiri penyerahan santunan bagi korban tenggelamnya KM Cahaya Arafah dari Jasa Raharja di kantor KSOP Kelas II Ternate, Selasa 26/7/2022.

Saiful mengatakan, hal itu dilakukan dalam rangka mengurangi kecelakaan laut di wilayah Pulau Gane Halmahera Selatan.

“Dalam waktu dekat pemerintah akan mengalihkan satu unit kapal besi yang rutenya dari Ternate-Babang atau Labuha, untuk dialihkan ke jalur Ternate-Gane,” katanya.

Menurutnya, kapal rute Ternate-Babang atau Labuha merupakan kapal-kapal dengan ukuran yang besar, sehingga bisa mengangkut penumpang dan barang Ternate-Gane atau Gane-Ternate.

Kapal pengganti KM Cahaya tersebut rutenya nanti akan dipatenkan oleh Pemkab Halsel sehingga rutin akan masuk ke wilayah Gane sesuai jadwal.

“Selain kapal yang menggantikan KM Cahaya Arafah, yang nantinya tujuan Ternate- Gane Barat. Kita juga berencana menempatkan satu kapal cepat untuk melayani rute Ternate-Kayoa,” tuturnya.

Hanya saja pihaknya mengaku terkendala dengan subsidi BBM karena menggunakan BBM industri dengan harga yang mahal atau melampaui produksi.

"Mereka dan kami sempat koordinasi juga dengan pihak Migas untuk bagaimana menurunkan harga BBM industri," pungkas Saiful. (Am/BMG)



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini