Disarpus Kota Ternate Restorasi Arsip Warisan Kuno

Sebarkan:
Restorasi Arsip di Disarpus Kota Ternate 

TERNATE, PotretMalut - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ternate bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan restorasi arsip warisan budaya di Kota Ternate.

Restorasi arsip ini dilaksanakan pada tanggal 23-26 Oktober lalu, yang berlansung di Dinas Perpustakaan Ternate.

Kepala Disarpus Kota Ternate, Safia M. Nur mengatakan, kegiatan tersebut diawali dengan audiensi dan edukasi tentang pentingnya restorasi arsip warisan budaya.

“Ada juga praktek cara restorasi arsip yang sudah rusak dan diajarkan cara enkapsulasi arsip sebagai langkah preventif perlindungan arsip, yang diajarkan oleh tim dari Direktorat Preservasi ANRI,”ucapnya, Rabu, (08/11/2023). 

Kami sangat berterima kasih kepada Direktur Preservasi yang sudah berkenan melakukan Restorasi Arsip budaya di Kota Ternate.

Menurut Safia, kegiatan itu Sangat penting dan bermanfaat bagi pelestarian arsip maupun naskah kuno yang ada di kota Ternate.

“Ini sekaligus mengajarkan kepada seluruh staf Dinas Perpustakaan cara melakukan restorasi dan enkapsulasi arsip,"ujarnya.

Mantan Sekretaris Dewan Kota Ternate itu mengaku, ada arsip rusak yang sudah di restorasi yaitu, surat emas Palembang tahun 1823 sebanyak enam lembar, arsip statis 320 lembar dan naska konu 74 lembar sehingga totalnya 400 lembar.

"Ada juga arsip layanan restorasi keluarga di Kota Ternate yang kita temukan di tiga kelurahan yaitu, Tubo, Kalumata dan Tobelou,” tandasnya.

Ia berharap, kegiatan ini kedepan akan menyeluruh di setiap OPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate, dan menjadi program unggulan layanan restorasi arsip keluarga bagi masyarakat Kota Ternate. (Ham/red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini