Sukses Gelar Festival Ela-Ela, ini Daftar Kelurahan Pemenang

Sebarkan:
Kadis Kebudayaan bersama beberapa staf dan perwakilan kelurahan pemenang festival ela-ela 

TERNATE, PotretMalut - Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Kebudayaan resmi memberikan hadiah kepada pemenang lomba Festival Ela-ela pada Selasa, (21/04/2024).

Agenda yang digelar di Kantor Disbud Kota Ternate itu, dihadiri masing-masing lurah dari kelurahan pemenang lomba, yaitu Lurah Kelurahan Bula, Lurah Dufa-Dufa, dan Lurah Bastiong Karance yang diwakili ketua panitia festival ela-ela Baskara, M Inal Iswandi Tihurua.

Kepala Disbud Kota Ternate, Muslim Gani dalam sambutan mengatakan, partisipasi kelurahan dalam perayaan festival ela-ela sangat penting untuk menghidupkan tradisi Moloku Kie Raha.

Muslim menyebutkan, sebagai agenda tahunan, festival ela-ela tahun berikut akan lebih meriah dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan Disbud akan melakukan sosialisasi jauh sebelum festival ela-ela di tahun 2025 M/1446 H digelar.

"Disbud akan membuat naskah terkait ela-ela kaitannya dengan agama dan budaya, dan akan dipublikasi," ungkapnya.

Muslim menjelaskan, selain memberikan pengetahuan, langkah tersebut juga bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat Kota Ternate.

"Jika ini dibuat dan dipublikasi, bisa menghadirkan orang dari luar ternate. Dengan sendirinya akan tercipta perputaran ekonomi," terangnya.

Bersamaan, Kepala Bidang Adat Se Atorang Disbud Ternate, Gunawan Radjim mengatakan, biasanya pembagian hadiah festival ela-ela dilakukan dengan gelaran halal bi halal.

Namun tahun ini sedikit berbeda karena ada keinginan agar pembagian hadiah dilakukan di kelurahan.

"Tapi ada sedikit kendala sehingga hal itu belum bisa dilakukan," jelasnya.

Gunawan lantas membacakan Surat Keputusan (SK) Tim Juri Festival Ela-Ela Tahun 2024.

Dalam SK nomor: 01/KPTS/JLFE/IV/2024 tertanggal 7 April 2024, juara satu diraih Kelurahan Bula dengan nilai 600, Kelurahan Dufa-Dufa dan Bastiong Karance masing-masing juara dua dan tiga, dengan nilai 590 dan 551. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini