Dekot Ternate Konsultasi Perda Kota Layak Anak Ke DPR Minahasa

Sebarkan:
Nurlaila Syarif

TERNATE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate melakukan Kunjungan Kerja (Kuker) ke Kabupaten Minahasa Tenggara mengenai upaya penguatan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kota layak anak di Kota ternate. Hal ini disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Nurlaila Syarif via WhatsAap, Rabu (23/5).

Nurlaila mengatakan, kunjungan Dekot Ternate ke Kabupaten Minahasa Tenggara itu sebagai salah satu alat kelengkapan Bapemperda DPRD dalam menerapkan atau  menindaklanjuti rencana penetapan Ranperda Kota layak anak. Ranperda Kota layak anak yang nantinya menjadi Perda ini masuk dalam program legislasi daerah di tahun 2018 dimana Kota Ternate masih dalam tahap perencanaan sedangkan Kabupaten Minahasa Tenggara sudah menerapkan perda layak anak sejak tahun 2017 lalu.

Dalam penerapan perda kota layak anak dilihat dari beberapa indikator penunjang seperti sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak, hak-hak anak atas identitas diri atau warga negara, hak atas pelayanan sosial, fisik, mental dan mendapatkan ruang yang ramah serta indikator lainnya yang notabanenya membuat anak benar-benar merasa nyaman.

“ Rencananya di tahun 2018  akan disahkan jadi Perda, agar dapat menunjang percepatan implementasi menuju Ternate sebagai kota layak anak,” imbuhnya.
Lebih jauh politisi NasDem ini menjelaskan, sebelum menerapkan perda kota layak anak, Kabupaten Minahasa Tenggara lebih dulu merumuskan Perda kemudian ditopang dengan sarana prasarana pendukung lainnya. Sementara Kota Ternate adalah lebih dulu menyiapkan sarana prasarana baru disusul perdanya.

“ Tentu ini kebalikan, yang pasti perda di rumuskan dulu barulah dibuatkan sarana pendukungnya. Kota Ternate sendiri sudah menyiapkan fasilitas dan itu sudah terpenuhi,” tuturnya.

Kata dia, tujuan dilakukannya kunjungan ke DPRD Minahasa Tenggara itu terkait penerapan program legislasi daerah salah satunya konsultasi perda kota layak anak. Strategi dan dukungan Dekot Ternate terhadap rencana aksi menuju kota layak anak yang ideal untuk pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa. (Am)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini