KM. Dorolonda Direncanakan Menambah Rute Pada 2024

Sebarkan:
Pertemuan Tim Survei Gabungan Kementerian Perhubungan, UPP Kelas III Jailolo, dengan Wakil Bupati Halbar 

Halbar, PotretMalut - Tim Survei Gabungan Kementerian Perhubungan RI Bersama Kepala Kantor UPP kelas III Jailolo mengadakan pertemuan dengan Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhamad.

Pertemuan yang berlangsung di ruangan Wakil Bupati Halbar pada Rabu, (01/11/2023) itu untuk menindaklanjuti surat permohonan dari Gubernur Malut. 

Diketahui, surat Gubernur nomor 500.II.I/3285/G tertanggal 09 Oktober 2023 berisi tentang pengusulan kepada Kementerian Perhubungan.

Surat itu mengusulkan agar tahun 2024 nanti, KM. Dorolonda menambah rute di Pelabuhan Laut Kelas III Jailolo, Halmahera Barat.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Jailolo Rosihan Gamtjim kepada media mengatakan, kedatangan tim survei gabungan dari Kementerian Perhubungan untuk menindaklanjuti surat dari Gubernur Malut.

"Tim ini datang untuk melakukan survei lokasi dua Pelabuhan yang ada di Halbarnyaitu, Pelabuhan Jailolo dan Pelabuhan Matui, nantinya akan ada catatan-catatan yang disampaikan dalam survei nanti,"ungkapnya.

Ia menjelaskan, Dorolonda sebagai kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memiliki kapasitas sangat besar, sehingga dilakukan survei untuk memastikan kelayakan dua pelabuhan itu, apakah sudah sesuai standar pelayaran atau belum terpenuhi.

"Mulai besok mereka akan melakukan survei dua Pelabuhan, tidak menutup kemungkinan salah satu dari dua pelabuhan ini akan digunakan,"ujarnya.

Bersamaan, Wakil Bupati Halbar mengatakan, hadirnya KM. Dorolonda pasti disambut baik oleh masyarakat karena mempermudah pelayanan pelayaran terutama perjalanan ke luar Malut.

"Pelayanan kapal ini pasti membuat masyarakat sangat senang untuk keluar Daerah karena kapal ini sangat besar, kami Pemerintah Daerah sangat mendukung inimenggunakan kapal Pelni (Dorolonda), karena kapal ini,”ungkap djufri.

Pihaknya meyakini, adanya pelayanan KM Dorolonda tidak akan mengganggu aktivitas pelayanan kapal lain, karena KM. Dorolonda hanya sekali dalam 2 minggu sandar di Pelabuhan Jailolo.

"Ini tidak akan mengganggu kapal-kapal lain, baik kapal Manado maupun spedbooat, walaupun rutenya dari Manado ke Jailolo lalu ke Ternate,"pungkasnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini