Keluarga Asuh Pererat Prajurit dan Masyarakat

Sebarkan:

LABUHA - Kompi Senapan A Yonif Raider Khusus (RK) 732 Banau Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) melaksanakan kegiatan binter satnonkowil dan pengukuhan keluarga asuh serta peresmian nama  Kompi Senapan A 732 Banau.

Kegiatan yang berlangsung di markas kompi senapan A Yonif RK 732 Banau, di Desa Wayamiga Kecamatan Bacan Timur itu dihadiri Bupati Kabupaten Halsel,  Hi. Bahrain Kasuba, Dandim 1509 Labuha Letkol Inf Iman Hanafi, Danyonif RK 732 Banau Mayor Inf Ruli Eko Suryawan, Wakapolres Halsel, Kompol.Adi Waluyo S.Ik, Juru Tulis Perangkat Kesultanan Bacan Tufail Iskandar Alam, Danpos  Al Labuha, Peltu Bah Ramli Ahmad, Dankipan A RK 732 Banau Kapten Inf Danil S serta Ketua Apdesi Halsel Badi Ismail.

Danyonif RK 732 Banau, Mayor Inf Ruli Eko Suryawan, dalam sambutannya mengatakan, pembentukan keluarga asuh dilakukan bersama dengan kepala desa. Ini di harapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan membantu pelaksana pembangunan di desa.  “ TNI sebagai garda terdepan dengan di bentuknya keluarga asuh kami mengharapkan dapat membantu Pemerintah pembangunan halsel untuk lebih aman,” katanya, Jumat (8/3) 

Berharap kerjasama dan bantuanya untuk Prajurit yang bertugas di Halsel agar terjalin silaturahmi yang baik dalam kedinasan sehari-hari. Kipan A RK 732 merupakan ujung tombak di wilayah selatan dari daratan Maluku Utara. Selain itu, Kompi Senapan A RK 732 Banau juga akan melaksanakan karya bakti dan bekerja sama dengan Polres Halsel dan instansi terkait lainnya. “ Kipan A juga akan melaksanakan ibadah keliling dalam rangka memperkokoh tali silaturahmi antara prajurit dengan masyarakat di wilayah Halsel,” harapnya.


Bupati Halsel, Hi. Bahrain Kasuba, dalam sambutannya menambahkan, adanya kunjungan kerja (kunker) Danyonif 732 B di Halsel semoga dapat mempererat ikatan silaturahmi dan kerja sama dalam membangun Halsel. “ Kami harapkan dalam proses merekrut anggota Prajurit TNI baru kami harapkan dapat di perhatikan putra putri terbaik Halsel untuk kiranya dapat serta menjadi prajurit TNI-AD,” kata Bahrain.

Selaku Bupati Halsel, ia juga berharap adanya kelurga asuh antra prajuri Kipan A dengan kepala desa dapat meningkatkan Kamtibmas di wilayah Halsel. juga berharap agar Batalyon RK 732/B dapat di bangun di wilayah kabupaten.

Batalyon ini menurutnya, Halsel merupakan kabupaten terbesar dari 9 kabupaten lain di Malut. “ Ini tentu menjadi kehormatan bagi Pemda Hlasel. Selaku pembina politik di Halsel kami harapkan TNI dapat membantu dan menyukseskan pesta demokrasi terutama di Halsel,” kata Bahrain
Sementara Dandim 1509 Labuha, Letkol Inf. Iman Hanafi mengatakan, tugas Kipan selain tugas satuan tempur (Satpur), juga sebagai Sat non Korwil pada lingkup Kompi dan satuan non Korwil berbeda. Hal ini menurutnya, merupakan satu terobosan yang positif dengan adanya pembentukan keluarga asuh antara kepala desa dengan Prajurit Kipan A RK 732/B.

“ Prajurit Kompi dalam hal pembentukan keluarga asuh dapat bekerja sama dengan babinsa apabila dalam suatu desa terjadi masalah,” katanya.

Ia berharap kepada kepala desa agar dapat bekerja sama dengan baik dengan Pemda dan Kipan A RK.732/B. “ TNI dari masyarakat untuk masyarakat jadi diharapkan saling membantu untuk Kamtibmas di wikayah Kabupaten Halsel,” jelasnya.

Sementara terkait dengan penerimaan calon prajurit, Dandim memastikan akan prioritaskan putra-putri asli Maluku dan Maluku Utara. “ Kami berharap agar kepala desa dapat menyampaikan ke putra-putri terbaik di desa masing-masing untukr dapat di bina oleh Kodim 1509 Labuha,” pintanya.

Sedangkan terkait program  Bintersatnonkorwil Kompi Senapan A, kata Dandim, berdasarkan surat perintah Pangdam XVI Patimura NO: Sprin 384/II/2019 tertanggal 11 Februari 2019 tentang penyelengaraan Bintersatnonkorwil 2019 dengan melalui jehiatan Benter Sat Non Kowil Kita Wujudkan kemanunghalan TNI-Rakyat dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dengan tujuan untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI-Rakyat di sekitar pangkalan, daerah latihan, penugasan, oprasi, serta wilayah-wilyah yang ditentukan atau dikordinasikan dengan satkorwil setempat. (saf)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini