Peduli Lingkungan, DPD KNPI Halsel Tanam Pohon Janda Merana

Sebarkan:
Ketua DPD KNPI Malut, Irman Saleh saat menanam pohon janda merana bersama Bendahara DPD KNPI Halsel, Rosita Sarif. (Istimewa)

HALSEL - DPD KNPI Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) bersama DPD KNPI Malut pada Sabtu 29/11 menggelar penanaman 200 pohon di sekitar pasar modern Desa Tuakona Kecamatan Bacan Selatan. Kegiatan ini adalah rangkaian dari pelantikan DPD KNPI pada Jumat 27/11. Pohon yang ditanam yakni, janda merana, ketapang kencana dan tabebuya.

Ketua DPD I KNPI Malut, Irman Saleh, dalam kesempatan tersebut mengajak pemuda di halsel agar selalu peduli dengan lingkungan sekitar sebagai wujud komitmen pemuda dalam menjaga lingkungan. 

"Penting kiranya pemuda menjadi penggerak  kegiatan penanaman pohon ini karena bertujuan untuk mengajak generasi muda agar memiliki kesadaran menjaga lingkungan," ungkap Irman.
 
Irman menambahkan, Ibu Kota Labuha dan sekitarnya merupakan daerah sedang berkembang dari sisi tata kotanya. Sehingga, gerkan penghijauan di seputar kota Labuha dan sekitarnya perlu ada kawasan hutan kota.

”Gerakan menanam juga nanti kita tekankan ke setiap DPD KNPI kabupaten/kota agar menggelar penanaman pohon,” tegas Irman.
Bendahara DPD KNPI Malut, Erma Amra bersama salah satu pengurus DPP menanam pohon. (Istimewa)


Hal yang sama disampaikan Ketua DPD KNPI Halsel,  Fahrizal Rahmadi. Fahrizal mengatakan, kegiatan pemuda menanam pohon tersebut sebagai wujud kepedulian pemuda terhadap lingkungan. Hal ini sebagai wujud kepedulian pemuda terhadap kondisi lingkungan di Halsel khususnya di Ibu Kota Labuha dan sekitarnya.

"Saat ini sedang gencar membangun infrastruktur seperti pelebaran jalan dan perumahan. Jadi, kita harus barengi dengan penghijauan. Apalagi ditambah dengan ketersediaan lahan serapan air yang nantinya akan menipis," tukasnya.

“Maka dari itu, pemuda ingin mengambil peran disini bagaimana menyadarkan kembali bahwa kita harus peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon,” sambungannya 

Fahrizal juga mengajak pemuda untuk lebih sadar lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan serta ikut menjaga penghijauan di sekitar lingkungan desanya.

“Jumlah pohon kita tanam sebanyak 200 di sekitaran di wilayah Kecamatan Bacan Selatan agar lahan terbuka ini lebih hijau dan asri,” terangnya.

Sebagian bibit pohon tersebut kata Izhal di dapat dengan cara dibeli dan sebagian lainnya merupakan dukungan dari sponsor.

“Ini kegiatan pertama sejak periode kami, dilantik, tapi ini akan kita laksanakan per periode. Kita tidak hanya menanam saja, tapi juga menjaganya dengan cara menyiram dan memupuknya,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung dari DPP KNPI dan Ketua DPD Malut Irman Saleh, Sekertaris DPD Malut M. Adriansyah serta Ketua OKK Yahya Alhaddad dan Bendahara Erma Amra serta pengurus DPD KNPI Halsel. (Buwas/PM) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini