DPD KNPI Menilai Dinkes dan DPRD Halsel Abaikan Kesehatan Masyarakat

Sebarkan:
Sekertaris DPD KNPI Halsel, Tabrid S Talib. (Istimewa)
HALSEL -  DPD KNPI Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menilai Dinas Kesehatan dan DPRD Halsel kompak mengabaikan kesehatan masyarakat. Sebab, belakang bermunculan balita dan anak menderita penyakit kornonis yang tidak tersentuh.
Sekertaris KNPI, Tabrid S Talib menerangkan, kinerja pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan dan perangkat dibawahnya yakni Puskesmas dan Bidan Desa dipertanyakan.

"Ada bidan desa dan puskesmas tapi warga yang menderita penyakit kronis tidak tersentuh," kata Tabrid kepada media ini, Kamis 4/3/2021.

Menurutnya, Dinas Kesehatan dan Puskesmas hanya fokus melakukan kegiatan yang bersifat seremonial seperti sosialisasi dan lainnya. Kegiatan seperti itu kata Tabrid hanya menghamburkan uang daerah dan tidak berdampak langsung kepada warga, terutama warga kurang mampu yang menderita penyakit kronis. 

"Mereka melakukan kegiatan lainnya tapi di sisi lain untuk melakukan pencegahan penyakit kronis belum maksimal," tutur Tabrid

Padahal kata Tabrid, anggaran kesehatan baik melalui APBD dan APBN bernilai ratusan miliar. Namun, praktek di lapangan tidak sesuai dengan harapan. Bahkan anggaran sebesar itu, dialokasikan ke pembangunan fasilitas kesehatan sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak maksimal dilakukan. Begitu juga kinerja Kepala Puskesmas dan Bidan Desa juga tidak menyentuh langsung dengan masyarakat.

"Fakta di lapangan di Desa Taba Jaya ada adinda Chayra, Desa Babang ada ananda Nurdiyana Baaidi dan satu anak juga di Papaloang. Ketiga desa ini ada anak yang keluarganya tidak mampu berobat tapi pemerintah terkesan tutup mata," ujar Tabrid.

Selain Dinas Kesehatan, Tabrid juga menilai DPRD Halsel sebagai lembaga pengawasan sangat lemah mengawasi pemerintah dari sisi kesehatan. Padahal DPRD sering turun lapangan melakukan reses di dapil masing-masing. "Apakah mereka turun reses itu hanya datang di desa pertemuan lalu pulang?," cetus Tabrid dengan nada tanya.

Melalui KNPI mendesak Bupati Bahrain Kasuba agar mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Kesehatan Hasna Muhammad dan 30 Kepala Puskesmas yang lemah kinerjanya selama ini. "Semua ini kembali ke Bupati. Bupati harus berani mengambil langkah menyelesaikan masalah ini," tutup Tabrid. (Buwas/PM)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini