Gelar Demo, Mahasiswa Kastim Desak Pemerintah Tuntaskan Masalah Listrik

Sebarkan:

Ikatan Mahasiswa Kasiruta Timur (IMKT) Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara saat menggelar Demonstrasi di depan Kediaman Gubernur Maluku Utara di Tetnate
TERNATE – Pembangunan sarana dan prasarana di Indonesia kian bertambah dengan hadirnya program Desa Terang. Namun masih juga ditemukan sejumlah desa yang belum teraliri listrik.  

Seperti Halnya di Maluku Utara. Masih banyak Kecamatan atau Desa yang ada di Malut belum sepenuhnya menikmati listrik milik negara. Hal ini berimbas pada lambatnya pelayanan pada masyarakat.

Untuk mewujudkan program Desa Terang, baru-baru ini Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Maluku Utara dan dan UP3 menyodorkan data di beberapa media bawa di Halmahera Selatan sepenuhnya sudah dialiri listrik. Tentunya data yang disodorkan tidak berbanding lurus dengan realitas yang ada.

Atas dasar ini Ikatan Mahasiswa Kasiruta Timur (IMKT) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, menggelar aksi di depan kediaman gubernur Maluku Utara pada Selasa, (30/03/2031).

Kordinator Aksi, Iskandar mengatakan di beberapa Desa yang ada di Kecamatan Kasiruta Timur, sampai saat ini belum menikmati yang namanya program Desa Terang. Akhirnya Masyarakat mengalami kesulitan listrik dan hanya bertahan dengan mesin listrik pribadi.

“ Masyarakat di Kecamatan Kasiruta Timur belum pernah merasakan yang namanya listrik negara. Mereka hanya mengandalkan mesin listrik pribadi, “ Ucap Iskandar sembari meminta pemerintah Provinsi melihat kondisi yang ada di Kecamatan Kasiruta Timur.

Iskandar mengisahkan, Di musim hujan, matahari tak selalu muncul. Panel surya yang menjadi sumber energi listrik yang ada di beberapa Desa di kecamatan Kasiruta Timur pun tak mampuh untuk menyerap cahaya. Imbasnya warga mengalami kesulitan listrik.

“ Rata-Rata masyarakat desa kecamatan Kasiruta Timur sebagian hanya mengandalkan Panel Surya serta mesin pribadi, akan tetapi itu tidak cukup lantaran semua tidak berjalan normal, “

Meskipun di ibu Kota Kecamatan telah terpasang tiang listrik namun menurut warga, itu hanya pajangan sejak bertahun tahun lalu. Belum ada proses selanjutnya dari pemerintah untuk mengaliri listrik di desa ini. Jadi untuk data dari ESDM dan UP3 Sofifi tak berbanding lurus degan realitas yang ada alias tidak benar.

“ Sesuai data investigasi dan advokasi, di Kecamatan Kasiruta Timur mendapatkan program Desa Terang. Namun sejauh ini sebagian Kecamatan di Halsel termasuk Kasiruta Timur belum menikmati listrik negara. Dan buktinya, di kasiruta Timur sudah dua kali pergantian tiang PLN akan tetapi yang namanya listrik negara masyarakat tidak pernah menikmati, “ Tukasnya.

Sekedar diketahui, aksi yang di lakukan IMKT ini semata-mata untuk memintah Pemerintah untuk memperhatikan daerah yang ada di Halsel terutama soal listrik.(red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini