Masuk Minggu Tenang, Suratman: Tidak Ada Lagi Kampanye

Sebarkan:

Bawaslu Haltim gelar apel siaga pengawasan Pemilu

HALTIM, PotretMalut – Tahapan masa kampanye oleh setiap partai politik pada pemilihan umum atau pemilu berakhir sudah mulai dini hari, Sabtu 10 Februari. Kini sudah memasuki masa tenang menjelang tiga hari sebelum pemungutan dan perhitungan suara hasil pemilihan. 

Katua Bawaslu Halmahera Timur Suratman Kadir mengatakan, berakhirnya tahapan kampanye pada 10 Februari 2024 akan memasuki masa tenang. Masyarakat sebagai peserta pemilih agar bisa menentukan pilihannya sesuai hati nurani.

“Saya tegaskan pada masa tenang tidak ada lagi proses tahapan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu,” kata Suratman saat menyampaikan sambutan pada apel siaga pengawasan pemilu di lapangan Mancalele, Kecamatan Wasile, Sabut 10 Februari. 

Suratman menyatakan, pengawasan pemilu oleh Panwaslu Kecamatan harus diperketat dan memastikan pemilu berjalan sesuai prosedur dan perundang-undangan yang berlaku. 

“Ini bukan hanya tanggung jawabnya Bawaslu hingga jajaran tingkat Pengawas TPS. Tapi ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk mengawal proses ini,” jelasnya. 

Pengawas Kecamatan hingga Pengawas TPS, lanjut Suratman, menjalankan tugas saat proses pemungutan dan penghitungan suara nanti dapat dijalankan tugas pengawas sebaik mungkin supaya bisa mengawal proses pemungutan dan penghitungan surat suara tidak menimbulkan masalah. 

"Tahapan pemungutan dan penghitungan suara, pengawasan harus lebih jeli, jangan sampai dijalankan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketika menyalahgunakan kewenagan atau prosedur dalam tahapan tentunya ada konsekuensi pelanggaran hukum, baik itu pelanggaran adminstrasi, pelanggaran etik maupun pelanggaran pidana,” pungkasnya (Malo/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini