Pijat Bayi Memperkuat Ikatan Orangtua dan Buah Hati

Sebarkan:


Pembimbing Ririn Kartika


TERNATE - Populernya pijat untuk bayi (baby spa) banyak membuat orang tua sadar akan pentingnya pijat untuk tumbuh kembang anak. Baby SPA dulu mungkin dipraktekkan oleh dukun bayi atau dukun pijat tradisional. Mereka dipercaya mengerti tubuh bayi dan bagian-bagian tubuh yang perlu dipijat.

" Manfaatnya lebih pada (bounding) ikatan antara orangtua dan anak, ASI ibunya juga pasti akan banyak ", ungkap Pembimbing Ririn Kartika saat ditemui usai acara pelatihan Baby Massage and SPA Therapist di Room Grand Majang Hotel, Jumat (17/112017).

Menurutnya, pijat untuk bayi juga memperbaiki nafsu makan anak, buat anak tidak susah tidur, juga menjadi lebih ceria. Pada kesempatan itu juga Ririn mengingatkan, bukan berarti pijat jadi satu-satunya sarana, tapi juga mesti didukung dengan bimbingan tenaga kesehatan serta makanan yang baik. 
 
Lulusan Poltekes Kesehatan Surakarta ini juga menambahkan pijat bayi memang menjadi salah satu cara untuk membantu tumbuh kembang anak. Orang tua perlu menyisihkan waktu setidaknya 10-15 menit untuk memijat bayinya. Sembari memijat, orang tua dapat mengajak bicara, menyanyi atau bercerita walau anak tidak mendengarkan. 

" Walaupun anak belum dengar, tetapi tetap dicari oleh anak, itu bonding yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak ", tambahnya.

Foto Bersama Pasca Kegiatan
Selain itu kata Ririn, pola asih, asah dan asuh yang diberikan harus sesuai standar siklus kehidupan, termasuk pemberian gizi seimbang dan pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan salah satunya melalui stimulasi sedini mungkin yang dimulai sejak bayi berada dalam kandungan.

" Dengan melakukan stimulasi pijat anak baduta diharapkan meningkatkan kualitas hidup sehingga tercapai tumbuh kembang anak yang optimal serta dapat mempererat ikatan atau bounding antara orang tua dan anak sebagai ungkapan cinta melalui sentuhan ", katanya.

dirinya berharap gerakan seperti ini harus ditularkan ke daerah untuk menyadarkan ibu-ibu pentingnya membangun kedekatan dengan anak melalui pijat yang juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan. Ini sangat penting terutama pada hubungan keharmonisan antara ibu dan bayinya ", tandanya. (Emis)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini