KSOP Ternate Siapkan Posko Angkutan Kendaraan Jelang Mudik

Sebarkan:
Anwar Sahitua

TERNATE -  Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Ternate menyiapkan posko terpadu angkutan lebaran dalam rangka mengurai tumpukan kendaraan pada mudik nanti. Hal ini disampaikan kepala Seksi Lalulintas Angkutan Laut dan Kepalabuhanan KSOP Kota Baru Anwar Sahitua di ruang kerjanya, Kamis (7/6).

Anwar mengatakan, panitia penyelenggara angkutan persiapan lebaran menyiapkan 6 (Enam) posko angkutan lebaran/mudik kurang lebih 15 hari lalu terhitung sejak tanggal 30 Mei-1 juni 2018. Pelabuhan Ahmad Yani sebagai posko induk, pelabuhan Dufa-Dufa posko kedua, pelabuhan speedboat Ternate-Sidangoli posko 3 (Tiga), pelabuhan semut (Ternate-Sofifi) pos 4 (Empat), dan pelabuhan speedboat Bastiong serta pelabuhan Feri. “ Enam pos ini dikoordinir oleh posko induk KSOP,” katanya.

Untuk mengantisipasi tumpukan kendaraan kata dia, KSOP sudah menyiapkan armada di setiap posko. Untuk pelabuhan Ahmad Yani disiapkan 4 unit armada, 7 unit armada printis , 4 unit Roro Swasta, 2 unit kapal penumpang,  27 unit armada komersil.  

Sedangkan di posko dua (pelabuhan Dufa-Dufa) sebanyak 24 armada,  pelabuhan speedboat Ternate-Sidangoli 20 unit, pelabuhan semut 46 unit speedboat, 30 unit speedboat di posko 3 (Tiga). “ Sebelum armada ini siap beroperasi seluruh kapal suda di ramcek,” tandasnya.

Selain posko dan armada yang disiapkan, ada juga ditempatkan 2 orang setiap posko guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun kapal atau armada  yang sudah di ramcek itu adalah KM Obi star, Aksar Saputra 06, Quen Merry, Aksar Saputra 09, Uki raya 04, uki raya 05, Ratu Maria, Bunda Maria, Sumber Raya, dan kapal Feri.

Dikatannya, berdasarkan rapat koordinasi (Rakor) bersama Kementerian dan Perhubungan Laut beberapa di Jakarta, Maluku Utara menempati peringkat ke 5 (Lima) dengan muatan penumpang tergolong tinggi yang ada Indonesia. Itu sebabnya KSOP harus memastikan operator kapal harus memperhatikan keselamatan penumpang. Begitu juga dengan tiket yang dijual ke penumpang diharapkan sesuai dengan dispensasi penumpang. (Am/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini