Situs KPU Dibobol Hacker

Sebarkan:
Kasman Tan

TERNATE - Hasil perolehan suara perhitungan cepat sementara atau real count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara tiba-tiba berubah signifikan. Hal ini diketahui setelah beredarnya kabar situs KPU diretas oleh hacker. Aksi peretasan tersebut membuat komisioner KPU Kasman Tan angkat bicara.

Kasman mengatakan, adanya retas yang dilakukan hacker membuat perolehan suara sementara berubah-ubah. Pencermatan KPU melalui situs situng hanyalah alat control bukan sebagai server utama. “ Untuk mengantipasi hal itu sementara situs di matikan,” katanya, Jumat (29/6). Menurutnya, aplikasi situng adalah aplikasi contol dimana masyarakat hendak mengetahui perolehan suara sehingga keterbukaan informasi pemilu dapat diketahui public. “ Perolehan ini sifatnya sementara, karena situs situng adalah alat control dari KPU pusat dan server nya ada di pusat bukan di provinsi,” jelasnya.

Ditanya soal TPS mana yang masuk ke KPU, Kasman mengungkapkan kerang lebih 13 TPS belum di setor ke KPU Provinsi. 13 TPS itu adalah 7 TPS dari Halmahera Selatan dan 5 TPS dari Halmahera Utara.

Diketahui, aksi peretasan tersebut sempat mempengaruhi hasil perhitungan cepat sementara yang dilakukan KPU, dimana hasil sebelumnya AHM-Rivai berada diposisi puncak dengan peroleh suara 176.016 atau 31.94 persen mendadak turun menjadi 29.84 persen dari 164.457 suara. Sedangkan cagub-cawagub yang diusung PDIP dan PKPI naik menjadi 32.42 persen dari hasil sebelumnya yaitu 30.38 persen dari total suara 143.151 suara. Untuk paslon Bur-Jadi dan MK-Majhu tidak mengalami perbahan suara dan tetap berada di posisi 3 dan 4. (Am/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini