Bina Waspada II Libatkan 220 Personil

Sebarkan:
AKBP. Hendri Badar didampingi Kaur Mitra, Eksan Umanailo menyampaikan prees release di ruang Bid Humas Polda Malut. 

TERNATE - Polda Malut kembali melaksanakan Operasi Bina Waspada II Kie Raha.  Operasi dilakukan selama 15 hari dimulai 21 Agustus sampai 4 September 2019.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP. Hendri Badar menyebut bina waspada II ini dalam rangka mewujudkan  kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukumnya. Tetap mengedepankan kegiatan pre-emtif dan didukung kegiatan rutin kepolisian lainnya yang ditingkatkan.

Perwira dua bungan ini mengatakan ada beberapa tujuan dalam operasi tersebut. Pertama, terpeliharanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dengan tindakan kepolisian berupa pencegahanan dan penangkalan terhadap organisasi atau paham radikal, aliran sesat serta anti ideologi Pancasila. Kedua, mencegah terjadinya tindak pidana/kejahatan akibat penyebaran paham-paham yang menyesatkan masyarakat, serta memberikan dampak positif terhadap lingkungan strategis terutama dalam peningkatan citra Polri di mata masyarakat.

“Meningkatkan kewaspadaan serta kepekaan warga masyarakat terhadap pengaruh penyebaran organisasi atau paham radikal, aliran sesat dan anti ideologi Pancasila yang mengarah kepada konflik sosial dan isu SARA yang berpotensi menimbulkan kerawanan kamtibmas maupun memotivasi masyarakat agar mendukung pelaksanaan tugas kepolisian serta menghindari terjadinya perbuatan  kontraproduktif,” jelasnya.

Bentuk bina waspada kali ini menurutnya para personil mengedepankan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Tetap memakai seragam atau kedepankan polisi berseragam, yang diarahkan pada  potensi gangguan (PG) dan ambang gangguan (AG) agar tidak menjadi gangguan nyata (GN).

“Sasarannya setiap orang, kelompok atau komunitas yang dicurigai. kelompok/perorangan yang terindikasi menjadi simpatisan, pengikut dan atau telah terpapar paham radikal, aliran sesat dan anti ideologi Pancasila berdasarkan perkiraan khusus intelijen,” katanya. “Ada kurang lebih 220 Personil. 22dari Polda Malut, unsur pimpinan 2 orang, staf operasi 8 orang, unsur pelaksana (satuan tugas) 12 orang, dan Polres jajaran 198 personil (masing-masing Polres 22 personil)”. (ko/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini