Genjot PAD, UPTD Samsat Luncurkan Aplikasi Sahabat Samsat

Sebarkan:
Kepala UPTD Samsat Halsel Fikri Abusama didampingi Sekretaris PWI Nandar Jabid saat melaunching Aplikasi Sahabat Samsat
 Foto : Buwas/PM

LABUHA - Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) akhir-akhir ini semakin berinovasi dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan roda dua dan roda empat.

Hal ini dapat dibuktikan dengan dilaksanakannya Launching SMS Pemberitahuan dan Samsat Keliling atau disebut "Sahabat Samsat" yang dipusatkan di kantor UPTD Samsat jalan Mesjid Raya, Desa Kampung Makian, Rabu 22/7/2020.
"Hari ini kami secara resmi melakukan lounching aplikasi Sahabat Samsat," kata Kepala UPTD Samsat Halsel, Fikri Abusama

Menurut Fikri, inovasi yang diluncurkan melalui lounching aplikasi Sahabat Samsat ini untuk menjawab keluhan warga Halsel khususnya pengguna pajak atau warga yang memiliki kendaraan roda dua dan empat yang tidak sempat datang melakukan pembayaran pajak secara langsung di kantor Samsat.

"Kami melakukan pelayanan sampai di rumah penggunaan pajak," sambung Fikri.

Dalam aplikasi Sahabat Samsat ini, pihak penggunaan pajak atau warga pemilik kendaraan roda dua dan empat dapat menghubungi nomor telepon atau call center : 085241805051 yang terintegrasi langsung dengan operator yang sudah disiapkan oleh UPTD Samsat Halsel.

"Kalau ada SMS dari penggunaan pajak terkait dengan keluhan pajak ke nomor handphone tersebut, maka operator kami langsung datang ke rumah melakukan pelayanan," cetus Fikri.

Dirinya berharap, dengan adanya aplikasi Sahabat Samsat ini dapat menggenjot pendapat asli daerah (PAD) Provinsi Maluku Utara dan outputnya dapat menambahkan dana bagi hasil (DBH) dari Provinsi ke Kabupaten. 
"Kami berharap dengan inovasi inilini menggenjot PAD dan outputnya berdampak pada DBH Halsel," pungkas Fikri.

Sementara Sekertaris Persatu Wartawan Indonesia (PWI) Halmahera Selatan, Nandar Kabid saatmsaat menghadiri launching tersebut, sangat  mengapresiasi terhadap aplikasi Sahabat Samsat yang diluncurkan. Menurut Nadar, dengan adanya aplikasi Samsat ini dapat memberikan kemudahan bagi warga yang membayar pajak.
"Selain itu, inovasi Samsat Halsel ini juga dapat mendorong PAD lebih baik lagi," ujar Nandar.

(Buwas/PM).
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini