Gustu Malut Kembali Memulangkan 37 Pasien Sembuh

Sebarkan:




Ilustrasi : Pemulangan Pasien Covid-19 di Sahid Bela Hotel
POTRET – Hari ini terjadi pemulangan sebanyak 37 pasien Covid-19 yang berlokasi di Hotel Sahid Bela  sebagai tempat karantina. Pasien sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil PCR BBLK Makassar dengan hasil Negatif dua kali berturut-turut.

Sebagain besar mereka (pasien) yang tidak mengalami gejala klinis atau OTG, mereka diperbolehkan pulang ke rumah setelah hasil swab kedua negatif. Pasien yang dipulangkan berasal dari Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Utara.

Tingginya angka kesembuhan tersebut menjadi indikator baik atas percepatan penanganan Covid-19 di Maluku Utara. Pemulangan ke-30 orang (pasien) tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Revisi Ke-5 Protokol penanganan Covid-19 yang telah diresmikan dan disosialisasikan ke seluruh Gugus Tugas se-Indonesia.

Namun pasien yang dipulangkan tetap dihimbau untuk membatasi interaksi dan melakukan karantina mandiri di rumah sesuai  dengan protap kesehatan.

Pemulangan dilakukan secara bertahap-tahap agar tidak terjadi penumpukan keluarga yang melakukan penjemputan di lokasi karantina, pasien sembuh mendapatkan sambutan hangat dari keluarga yang menyambutnya.

Sementara itu dalam keterangannya Koordinator Bidang Kehumasan Gustu P2 Covid-19 Prov. Malut Muliadi Tutupoho menyampaikan bahwa sejumlah 37 Pasien yang telah dinyatakan sembuh ini menjadi indikator yang sangat baik untuk penanganan Covid-19 di Maluku Utara kedepan.

Lanjut Muliadi, diharapkan pasien sembuh akan terus bertambah, selain itu juga sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Revisi ke-5 Protokol Kesehatan Gugus Tugas memulangkan 30 pasien yang telah sembuh dan tidak menunjukan gejala demam dan gangguan pernafasan sehingga mereka dapat dikembalikan ke lingkungan masyarakat (rumah) dengan catatan untuk tetap melakukan karantina mandiri di rumah selama satu pekan kedepan. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini