Bacalon Bahrain-Muchlis Gugur Sebelum Mendaftar

Sebarkan:
Bacalon waki Bupati Muchlis Sangaji didampingi pengurus partai pengusung saat mendatangi kantor KPU untuk mendaftar.
Foto : Buwas/PM

HALSEL- Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba dan Muchlis Sangaji yang diusung partai Gerindra, PKP-Indonesia dan partai Berkarya dinyatakan tidak mendaftar ke KPU sebagai peserta calon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Hal ini terjadi karena kedua pasangan ini tidak dapat menghadirkan Ketua dan Sekretaris DPD Partai Berkarya dan Ketua  Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) dan Sekertaris PKP-Indonesia ditingkat Kabupaten pada saat mendatangi kantor KPU untuk mendaftar. Sementara Gerindra dihadiri langsung Ketua DPD Rosiana Sarif dan Sekertaris Fachrul.

Ketua KPU Darmin Hi Hasim menjelaskaan, sesuai ketentuan di PKPU, bakal pasangan calon pada saat datang mendaftar itu harus dihadiri langsung oleh kedua bakal pasangan calon, ketua dan sekretaris partai politik pengusung.

"Kalau itu tidak terpenuhi kita tidak bisa lanjut dengan proses pendaftaran. Karena mereka itu wajib hadir, kalau wajib hadir tapi mereka tidak hadir," kata Darmin saat diwawancarai di halaman kantor KPU, Kamis 6/9/2020 malam.

Jadi kata Darmin, pada dasarnya KPU tetap melakukan proses sesuai ketentuan yang telah diatur dalam PKPU nomor 1 dan petunjuk-petunjuk tehnisnya.

"Itu sikap KPU. Kalau ada pihak-pihak yang meras dirugikan silahkan ditempuh jalurnya, kami pada dasarnya tetap bertanggung jawab atas keputusan itu," tutur Darmin.
Ketua KPU Halsel, Darmin Hi. Hasim 

Sampai ditutupnya pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada pukul 24:00 WIT, pihak KPU Kabupaten Halmahera Selatan hanya menerima pendaftaran dua bakal calon yakni Usman Sidik dengan pasangannya Hasan Ali Bassam Kasuba dan Helmi Umar Muksin dengan pasangannya La Ode Arfan.

"Nanti kita lihat setelah memverifikasi syarat calon ini ada tahap selanjutnya verifikasi karena ada beberapa dokumen yang perlu kita klarifikasi. Setelah itu kita lihat karena ada tahapan selanjutnya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan bakal pasangan calon di RSUD Ternate." ujar Darmin. 

(Buwas/PM)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini