Gubernur Malut: Temui Mentan RI Syahrul Yasin Limpo, Bahas Tiga Sektor Pertanian di Malut

Sebarkan:

 

Gubernur Malut, KH Abdul Gani Kasuba, Lc bersama Menteri Pertanian RI Syahril Yasin Limpo di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.

SOFIFI,Potret - Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba bertemu langsung Menteri Pertanian RI Syahril Yasin Limpo secara resmi di Kantor Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Rabu (14/10).

Dalam Pertemuan tersebut, yang merupakan tindaklanjut dari kunjungan Mentan dan rombongan ke Kao Barat, Halmahera Utara (Halut) 4 Oktober 2020 lalu, dalam rangka penyerahan bantuan Alsintan serta menyaksikan penanaman Padi.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik (PKKP) Setda Provinsi Malut, Mulyadi Tutupoho menjelaskan ada dua program unggulan yang disampaikan Gubernur kepada Mentan, yakni Gerakan Maluku Utara Menanam, dan Gerakan Ekpor untuk Rakyat Sejahtera (Gosora)

"Gerakan menanam ini bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan Gosora yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani,"kata Mulyadi.

Disamping itu, Menteri Pertanian kata Mulyadi, meminta Pemprov fokus pada tiga hal utama dalam pengembangan sektor pertanian, pertama, Program Gosora untuk benahi komoditas Pala, Kelapa dan Cengkeh utamanya penanganan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk.

Kedua, tingkatkan produksi tanaman pangan, dengan menggunakan bibit unggul sampai dengan penanganan pasca panen dengan menggunakan mesin-mesin pertanian dengan usaha berbasis koperasi petani, serta pemanfataan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat KUR).

 Ketiga, perlu pengembangan komoditas tanaman pangan lokal untuk memperkuat ketahanan pangan di daerah.

Mantan Gubernur Sulsel dua periode ini siap membantu penanganan tiga fokus pembangunan pertanian tersebut. Bahkan Syahrul Yasin Limpo telah memerintahkan Dirjen Tanaman Pangan dan Dirjen Perkebunan untuk membentuk Gugus Tugas Pusat guna merumuskan program dan kegiatan yang menunjang tiga fokus tersebut.

"Untuk itu, Gubernur Malut menunjukkan Kadis Pertanian untuk menjadi Ketua Gugus Tugas Daerah agar menyusun program dan kegiatan sekaligus membahas program bersama Gugus Tugas Pusat,"imbuh mulyadi 

Turut hadir pada pertemuan itu, Dirjen Perkebunan, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PSP, Kepala Badan Karantina, dan Staf Khusus Mentri Pertanian dan Staf Ahli Mentri. Sementara itu, yang turut hadir untuk mendampingi Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Kadis Pertanian M. Rizal Ismail, Plt. Sekretaris Dinas Pertanian Muchtar Husen, (red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini