Kepala Perpustakaan Nasional RI Resmi Kukuhkan Bunda Baca Provinsi Malut

Sebarkan:
Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani Kasuba Lc secara resmi kukuhkan  Hj. Faoniah Djaohar Kasuba sebagai Bunda Baca Provinsi Maluku Utara

TERNATE,Potret – Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Maluku Utara, Hj. Faoniah Djaohar Kasuba secara resmi dikukuhkan sebagai Bunda Baca Provinsi Maluku Utara, Rabu (21/10).

Pengukuhan tersebut tampak dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani Kasuba Lc, sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Syamsudin Abdul Kadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rahwan K. Suamba, Ketua Dharma Wanita Persatuan provinsi, Darmawati Samsudin serta Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Utara.

Pengukuhan tersebut berdasarkan SK Gubernur Maluku Utara Nomor 364/KTPS/MU/2020, TAHUN 2020 TANGGAL 25 AGUSTUS 2020 yang dikukuhkan oleh Kepala Perpustakaan RI Muhammad Syarif Bando secara Webinar.

Gubernur Maluku Utara Kh. Abdul Gani saat menyampaikan sambutan pada Pengukuhan Bunda Baca Malut hari ini. Merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Bunda Baca, namun berperan dalam mendukung program pemerintah daerah untuk mencerdaskan anak bangsa melalui gerakan literasi. Tetapi lebih jauh, Bunda Baca menjadi tugas dan amanah agar mampu mendorong dan memperluas cakupan penguatan peran bunda-bunda di Maluku Utara dalam mencerdaskan anak bangsa.

Menurut gubernur, Pemerintah Provinsi Maluku Utara sejak tahun 2017, telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perpustakaan dan Ranperda Kearsipan agar diharapkan menjadi payung hukum dalam peningkatan penyelenggaraan perpustakaan. Melalui beberapa tahapan proses telah disepakati dan pada saat ini Ranperda tersebut sudah masuk pada tahapan pembahasan DPRD Malut.

"Saat ini, Provinsi Maluku Utara belum memiliki Perpustakaan yang representatif. Olehnya itu, pada kesempatan yang baik ini, kami mengharapkan dukungan dari pihak Perpustakaan Nasional," pintahnya.

Gubernur juga sangat berterima kasih adaanya dukungan fasilitas berupa pemberian satu mobil layanan kepada pemerintah Provionsi Maluku Utara, semoga bunda baca dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan terus menggerakan literasi di Maluku Utara,". Ucapnya.

Selain itu. Gubernur juga mengharapkan agenda nasional tersebut dapat menjadi pintu masuk, dukungan untuk mewujudkan gedung perpustakaan di Ibukota Sofifi, yang melengkapi fasilitas pelayanan literasi masyarakat Maluku Utara.

Sementara itu, dalam sambutan melalui video converence Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, memberi apresiasi kepada Hj Faoniah Jaohar Kasuba dalam mendukung program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui organisasi yang dipimpin selama menjabat Ketua Tim Penggerak PKK dan penasehat DWP. Ia berharap Bunda Baca Maluku Utara menjadi role model layanan perpustakaan untuk Maluku Utara sejahtera.

 Syarif Bando menjelaskan, Maluku Utara pada tahun 2021 telah mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara berupa pembangunan gedung layanan sebesar 10 miliar. Ia berharap pemerintah provinsi Maluku Utara melalui kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dapat mengusulkan pembangunan gedung layanan tahun 2022 dengan menyiapkan lahan bersertifikat dan memenuhi ketentuan lainnya.

"Kami memberikan hadiah bagi Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebuah mobil layanan perpustakaan keliling yang akan diserahkan pada bulan November mendatang". Ungkapnya.

Sekedar diketahui, selain pengukuhan Bunda Baca juga dilakukan launching inovasi layanan AKU MEMBACA (Arsian Buku Memasak, Bertanam dan Cerita) yang digagas oleh Ketua DWP Provinsi Maluku Utara Darmawati Samsudin,”tutup (red). 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini