Bawaslu Halsel Gelar Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara

Sebarkan:
Ketua Bawaslu Kahar Yasim saat menyampaikan sambutan. (Buwas/PM)

HALSEL - Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan menggelar bimbingan tehnis (Bimtek) pengumutan dan perhitungan suara bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Halmahera Selatan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Bimtek yang digelar di aula Hotel Buana Lipu pada Jumat 27/11/2020 dihadiri langsung Ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasim, Koridv HPP Asman Jamel, Rais Kahar melalui video confrens dari Kota Bogor dan Koordinator Sekertariat (Koresk) Kamil Muis serta salah satu anggota KPU Halsel Yaret Coling.

Ketua Bawaslu Kahar Yasim dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan bimtek pengumutan dan perhitungan suara merupakan kegiatan yang sangat penting menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 9 Desember bagi panwaslu kecamatan karena setelah bimtek ini Panwaslu juga melakukan bimtek ditingkat pengawas TPS.

"Ini sangat penting. Jadi, saya minta Panwslu Kecamatan semuanya harap memahami dengan baik," kata Kahar.

Peserta Bimtek pengumutan dan perhitungan suara.(Buwas/PM)

Sementara materi Bintek pengumutan dan perhitungan suara ini disampaikan oleh anggota KPU Halsel Yaret Coling. Yaret dalam penyampaiannya menjelaskan, model tahapan di pilkada ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Hanya saja di pilkada ini ditambahkan aturan baru terkait protokol kesehatan.

Alur proses pengumutan suara dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan. Yaret menyebutkan, sebelum pemilihan dimulai panitia pengumutan suara melakukan penyemprotan disinfektan. "Setelah itu arahan dari KPPS terkait proses pemilihan," ujar Yaret.

"Proses disinfektan ini dilakukan secara berkala. Dimulai dari pencoblosan sampai pada penghitung suara," sambung Yaret. (Buwas/PM)
 

 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini