Bawaslu Halsel Gelar Apel Siaga dan Patroli Pengawasan

Sebarkan:
Apel Siaga dan Patroli Pengawasan yang digelar di Kantor Bawaslu Halsel. Foto : Humas Bawaslu

HALSEL - Memasuki masa tenang menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera tanggal 9 Desember 2020, Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Apel Siaga dan Patroli Pengawas.
 Apel yang digelar Minggu 6/12 sekitar pukul 09 : 00 WIT di Kantor Bawaslu jalan Sadar Alam Desa Tomori Kecamatan Bacan itu, melibatkan unsur TNI, Polisi, Satpol PP dan Panwaslu Kecamatan. 

Koordinator Devisi Pengawasan, Hubungan Antara Lembaga (PHL) Bawaslu Halsel, Rais Kahar membacakan sambutan dari Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin mengatakan, seluruh pimpinan dan jajaran Bawaslu Provinsi Maluku Utara ingin mengucapkan terima kasih pada semua pihak baik Pengawas Kecamatan, Kelurahan/Desa dan TPS, yang dengan ikhlas telah memberikan mendedikasikan diri untuk menjadi bagian dari keluarga besar pengawas pemilihan sehingga pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah se-Provinsi Maluku Utara tahun 2020 dapat berlangsung dengan baik, tanpa hambatan dan gangguan yang berarti meski saat ini bangsa Indonesia tengah dilanda pandemi Covid-19.

Puncak Pesta demokrasi lanjut Rais, pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan kita hadapi dalam beberapa hari nanti pada tanggal 9 Desember 2020, sudah di depan mata. Di Maluku Utara sendiri berlangsung di 8 (delapan) daerah terdiri dua yaitu Kota Ternate dan Tidore Kepulauan serta enam kabupaten yaitu Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

"Secara umum, Bawaslu Provinsi Maluku Utara dan jaiarannya baik di Kabupaten, Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa telah dan siap melaksanakan pengawasan di setiap tahapan, walaupun masih terdapat sejumlah kelemahan yang perlu diperhatikan secara lebih serius. Dan tentunya seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi pengawasan ini adalah bagian dari amanat dan tanggung jawab yang harus diemban," ungkap

Rais saat membacakan sambutan Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin. Lebih lanjut Rais menjelaskan, Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pilkada tahun 2020 ini sendiri hertujuan sebagai bagian dari upaya-upaya pencegahan pelanggaran dalam pemilihan, baik berupa politik uang, politisasi SARA dan Hoax, serta pelanggaran-pelanggaran lainnya yang marak terjadi menjelang hari pencoblosan atau tahapan pemungutan dan penghitungan suara nanti.

"Kami berharap dengan kegiatan ini, setidaknya kita dapat mendeteksi dan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang kiranya dapat mengganggu dan menodai keberlangsungan Pilkada yang kita harapkan dapat berlangsung dengan Luber dan Jurdil," sambung Rais.

Peserta Apel Siaga dan Patroli yang terdiri dari TNI,Polri, Satpol PP dan Panwaslu Kecamatan. Foto : Humas Bawaslu

Lebih lanjut kata Rais, kepada seluruh jajaran Pengawas, diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi, tanggung jawab, berintegritas, dan menjaga marwah Iembaga. Pastikan pemungutan suara berjalan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan proses penghitungan dilakukan secara terbuka dan transparan. Pastikan pula hak warga negara dapat tersalur tanpa ada tekanan, paksaan serta janji tertentu, serta seluruh penyelenggara tetap netral tidak berpihak kepada siapapun.

"Selanjutnya, marilah kita bersama-sama melaksanakan pengawasan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas pengawasan. Jaga kesehatan, jaga jarak, kenakan masker, cuci tangan baik dengan sabun atau hand sanitizer," tutur Rais.

Apel siaga yang dilakukan kurang lebih 40 menit itu, kemudian dilanjutkan dengan penertiban alat peraga kampanye (APK) pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan.

Diketahui, Apel siaga ini merupakan instruksi Bawaslu-RI untuk seluruh jajaran Penyelenggara Pemilukada dalam rangka penertiban APK dalam memasuki masa tenang sebelum tahapan pencoblosan pada tanggal 9 Desember nanti.

Hadir dalam apel antara lain, Dandim 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prastiyo, Asman Jamil Komisioner Bawaslu, Koordinator Sekertariat Kamil Muis, KBO Reskrim Polres Halsel IPTU Usman Takko, Kabit Satpol PP Hendra. (PN/Buwas/PM)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini