Dikbud Malut Bersama Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura Gelar Uji Sertifikasi Siswa SMK

Sebarkan:


Sekertaris Dikbud Malut, Amirudin bersama dengan Siswa SMK 

TERNATE – Balai Jasa Kontruksi Wilayah VII Jayapura membangun  kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Utara  khususnya di bidang Pembinaan SMK dengan menggelar uji sertifikasi kompetensi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sewilayah Maluku Utara. 

Ujian yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Ternate pada Senin, (8/03/2021) di hadiri oleh Kepala Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1), Kepala Cabang Dinas UPTD Kota Ternate, dan Kepala SMK Negeri 2 Kota Ternate. kegiatan ini juga sekaligus dilakukan penyarahan sertifikasi kompetensi siswa oleh Balai Jasa Kontruksi Wilayah VII Jayapura.   

Kepala Dinas Dikbud Malut Imam Makhdy Hassan dalam sambutannya mengatakan, uji sertifikasi komptensi merupakan sebuah keharusan yang hendak dilaksanakan oleh satuan pendidikan, guna mengukur kecakapan, keahlian dan ketrampilan para peserta didik, dalam upaya untuk memenuhi standar mutu dan standar kompetensi sumber daya manusia. 

“ Harapan saya kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan uji sertifikasi kompetensi ini, agar benar-benar fokus sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai, " ucapnya.

Menurut Imam, kegiatan ujian sertifikasi komptensi harus di dukung dengan sarana prasarana penunjang yang memadai serta guru yang produktif dan profesional sesuai spektrum kejuruan, agar target pencapaian penyediaan SDM bisa tercapai.

Untuk sarana dan prasarana untuk tahun ini kata Imam, SMKN 2 Kota Ternate mendapat anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk memenuhi kelengkapan sekolah demi menunjang kompetensi peserta didik. 

" selain mendapatkan anggaran dari DAK, Kami juga meminta dukungan dari badan standar nasional pendidikan serta lembaga sertifikasi profesi untuk bersama sama mengembangkan SMK di wilayah Maluku Utara, " Ujar Imam.

 Untuk wilayah Maluku Utara lanjut Imam, jika dilihat dari prosentase penyerapan tenaga kerja, dari waktu ke waktu terus bertambah, sementara kesiapan sumber daya manusia kami belum memiliki kompetensi standar sebagaimana yang diharapkan.

Untuk itu, diharapkan kepada Kepala SMK Negeri 2 Kota Ternate dan kepala SMK di wilayah Maluku Utara agar lebih kreatif, inovatif, mandiri dan terus berkoordinasi agar presepsi dalam pengembangan SMK dapat terwujud. (Adv)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini