Dikbud Malut Raih Penghargaan DAK Tertinggi Tahun 2021

Sebarkan:

Kadikbud Provinsi Maluku Utara : Imam Makhdy Hassan
SOFIFI - Salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Maluku Utara yang penyerapan anggaran tertinggi terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2021 adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut.

Ini tercatat kinerja penyaluran DAK Fisik Pemprov Malut mencapai 99,99% dari DAK fisik dikontrakan sebesar Rp.343.408.046.715; Sementara sebagai catatan terdapat pagu Alokasi DAK Fisik pada Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang tidak dapat dikontrakan atau dilaksanakan.

Bukan hanya itu, penyaluran DAK tahap II Provinsi Maluku Utara tercepat dari 31 Provinsi dan tiga besar secara nasional.

“ Tahun 2021 kemarin, hanya 1 Provinsi dari 31 Provinsi yang menyalurkan DAK Fisik Tahan II Tercepat, yakni Provinsi Maluku Utara dalam hal ini Dikbud Malut,”kata Kadikbud Malut, Imam Makhdy Hassan kepada wartawan, Senin 9 Januari 2022.

Atas capaian ini, Badan Keuangan Provinsi Maluku Utara mengapresiasi ke Dikbud, karena salah satu OPD yang penyerapan anggaran tepat waktu.

“ Harapan Badan Keuangan ada di Dikbud, soalnya pagu anggarannya besar, tetapi Alhamdulillah tepat waktu dan terpenuhi,” ujar Riyan.

Badan keuangan juga berterima kasih, karena Dikbud Maluku Utara memiliki tim yang solid, sehingga penyerapan DAK Fisik Tahun 2021 sangat maksimal.

“ Jadi Dikbud Malut penyerapan DAK Tertinggi, bukan dinas ya. Tetapi seluruh Provinsi Maluku Utara,”ungkap Rian.

Sementara Kasi Sarpas Dikbud Malut, Hassanudin, menambahkan, berkat penyerapan tertinggi seluruh Provinsi Maluku Utara sehingga Dikbud Malut ada peningkatan anggaran tahun ini.

“ Tahun 2021, Bidang SMA Rp 87 miliar, tahun 2022 naik menjadi Rp 97 miliar, sedang Bidang SMK dari Rp 97 miliar naik menjadi Rp 112 miliar dan SLB dari Rp 5 miliar naik menjadi 12 miliar,” terangnya.

Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Malut, Adnan Wimbyarto juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilakukan oleh bapak Gubernur, DPKAD, Inspektorat Daerah, Dinas/OPD pengelola DAK Fisik di wilayah Provinsi Maluku Utara atas pencapaian yang luar biasa ini.

“ Menghadapi Tahun anggaran 2022 kami berharap kinerja yang sudah baik tersebut dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Pengajuan penyaluran DAK Fisik dapat dipercepat dan disampaikan lebih awal sesuai norma waktu penyaluran DAK Fisik,” ungkapnya.

Dia pun mengharapkan kerja sama yang baik antara jajaran Kanwil DJPb Provinsi Maluku Utara, KPPN Ternate dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara akan tetap terjalin kedepannya, tutupnya. (Tim/adv)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini