Persiapan Festival Kampong Nelayan Tomalou Terus Dimatangkan

Sebarkan:
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara : Abdullah Asagaf.

TERNATE - Gelaran Festival Kampung Nelayan Tomalau (FKNT) 2021 bakal dilaksanakan pada Bulan Maret 2022 mendatang. Festival yang digelar ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal sebagai upaya mendukung pelaksanaan Sail Tidore 2021.

Dalam menjemput festival tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak panitia maupun Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara, baik itu persiapan secara fisik maupun lainnya.

Kepala DKP Malut, Abdullah Asagaf mengatakan Festival FKNT disepakati dan dihelat pada tanggal 5-12 Maret 2022, dan progres pelaksanaan atau persiapan terus juga dimatangkan panitia bahkan kesiapana sudah mencapai 70 persen.

“Saat ini panitia telah melakukan persiapan dalam menyambut FKNT bahkan beberapa agenda juga sudah dilaksanakan yakni bersih bersih pantai yang dihadiri oleh pak wali kota dan wakil wali kota tidore bersama masyarkat dan pemuda kelurahan Tomalou,”ucapnya pada Sabtu 15 Januari 2022.

Abdullah bilang, Rencananya, festival akan dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Sekjend KKP, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Sultan Tidore Husain Alting Sjah, Utusan Kedutaan Kerajaan Spanyol di Indonesia, Utusan Kedubes Portugal di Indonesia, Unsur Pimpinan Daerah di Maluku Utara, serta tamu kehormatan lainnya.

Sementara ketua Panitia FKNT, Ismanto menyatakan kesiapan fisik jelang Festival Kampung Nelayan Tomalou sampai hari ini sudah 70 persen. Panitia bersama masyarakat Tomalou terus bekerja ekstra agar persiapan selesai sesuai target waktu yang telah di rencanakan

Bentuk kegiatan pada FKNT ini meliputi beragam acara seperti Tomalou Expo, Mancing Mania, Lomba Dayung, Lomba Permainan Anak Nelayan, Pekan Kuliner Serba Ikan dan Pentas Budaya Maritim.

Jadi ada beberapa mata lomba yang kita tampilkan di Festival Kampung Nelayan Tomalou, dengan bonus 50 juta dan doorprese 1 unit Kapal 3GT dan mesin,”terang Ismanto.

Dalam Festival ini juga lanjut Ismanto, akan digelar Seminar Kampung Nelayan Maju, dan materinya akan di isi langsung oleh menteri DKP dan Prof. Romi Dauri, yang digelar pada acara puncak festival kampung Nelayan Maju. Sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan Masyarakat Aquakultur Indonesia (MAI) dan ketuanya adalah Prof Romi Dauri.(rd)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini