Festival Kampong Nelayan Tomalou Siap Digelar Bulan Maret

Sebarkan:
Sekertaris DKP Malut : Irwan Arsan
TIDORE – Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan atau DKP Malut dalam mengsukseskan pelaksanaan  Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) terus dimatangkan.

Pasalnya, festival FKNT bakal digelar pada 5 Maret 2022 mendatang. Bahkan kesiapannya sudah mencapai 80 persen.

Sekretaris DKP Maluku Utara Iwan Arsan, kepada wartawan, Minggu 20 Februari 2022 mengatakan, Dinas Kelautan dan Perikanan terus berupaya memberikan dukungan agar suksesnya pelaksanaan festival FKNT.

Menurut Irwan, Pembukaan FKNT tersebut akan rangkaikan dengan peletakan batu pertama Sentra Nelayan Terpadu yang dipusatkan di Kelurahan Tomalou, Tidore Kepulauan.

Irwan bilang, di tahun 2021, Peresiden Jokowi, telah menetapkan empat Kampung, Desa, dan Kelurahan sebagai kampong nelayan maju, salah satunya kampong nelayan Tomalau, Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara.

Sementara Kepala Dinas DKP Maluku Utara, Abdullah Assagaf menambahkan, Kelurahan Tomalou memiliki sejarah panjang sebagai kampung nelayan yang terkenal dengan ketangguhannya. Karena itu, event Festival ini memiliki makna dan tujuan dimana selain mempererat silaturahmi antar nelayan Maluku Utara, ivent ini juga mengandung nilai-nilai budaya nelayan. 

Selain itu, event Festival ini mendapat dukungan dari tiga instansi pemerintah yakni, Dinas Kelautan dan Perikanan Malut, Dinas Pariwisata Malut, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut.

“Yang mempunyai peran paling besar itu ada di Dinas Kelautan dan Perikanan. Jadi tiga instansi ini yang memback up kegiatan FKNT baik dari pertama sampai dengan FKNT kedua,"tandasnya.(red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini