Musrenbang RKPD Maluku Utara Tahun 2023 Resmi Dibuka

Sebarkan:
Musrenbang RKPD Maluku Utara resmi di buka

TERNATE - Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Drs.Syamsuddin A. Kadir secara resmi membuka acara kegiatan Musrembang rencana kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Maluku Utara Tahun 2023.

kegiatan pembukaan murenbang tersebut di tandai dengan pemukulan gong, didampingi Walikota Ternate, Bupati Halmahera Timur, Sekab Halmahera Utara, yang bertempat di Gamalama Ballroom Sahid Hotel, Senin, 18 April.

Samsuddin yang membacakan sambutan tertulis Gubernur mengatakan, Forum perangkat daerah merupakan tahapan penting dalam proses perencanaan. Dari sisi perencanaan, forum ini merupakan tahapan pembahasan yang menghasilkan rancangan-rancangan kerja perangkat daerah yang lahir dari masukan pihak-pihak terkait.

Selain itu kata Samsuddin, Pertumbuhan ekonomi provinsi Malut mengalami peningkatan pertumbuhan positif sebesar 16,40 persen. Pertumbuhan ini lebih dari yang di targetkan RKPD tahun 2021 sebesar 9,28 persen dari target. Bahkan IPM Malut juga mengalami kenaikan dari 68,49 poin tahun 2020, naik menjadi 68,76 pada tahun 2021, dimana semua semua kompomen pembentuk IPM telah mengalami kenaikan.

Selain pertumbuhan ekonomi dan IPM Malut meningkat, capaian Makro atau tingkat pengangguran di Malut mengalami penurunan dari 5,15 persen menjadi 4,71 persen. Sedangkan untuk penduduk miskin di tahun 2021 telah mengalami penurunan dari 6,97 menjadi 7,38 persen pada periode September. Begitu juga indeks rasio kini mengalami penurunan dari 0,33 menjadi 0,30

"Indikasi-indikasi makro sebagaimana di atas memberikan catatan bagi perangkat daerah, kabupaten dan kota bersinergi untuk mengefektifkan langkah-langkah intervensi yang lebih baik lagi pada perencanaan pelaksanaan tahun 2023,"kata Sekda

Sekda juga menyampaikan bahwa target makro pembangunan Provinsi Maluku Utara tahun 2023 sebagai berikut, yakni indeks pembangunan manusia ditargetkan 

69,91 sampai 70,71 point. Pertumbuhan ekonomi 11,89 sampai 12,6 persen. Rasio kini diharapkan menurun menjadi 0,254. Tingkat kemiskinan ditarget 5,91 persen. Sedangkan tingkat pengangguran 4,69 

Samsuddin juga berpesan agar proses perencanaan telah diefektifkan melalui sistem informasi perencanaan pembangunan daerah atau SIPD. Setiap jejak tahapan terekam dalam memori elektronik, dimana hasil pembahasan forum ini selanjutnya diverifikasi menjadi rencana kerja yang akan ditetapkan oleh kepala daerah.

"Oleh karenanya saya minta keseriusan kepala perangkat daerah dan jajarannya guna mengoptimalkan pembahasan yang berproses hingga pada RKPD yang menjadi dasar KUA-PPAS dan APBD tahun 2023".

Kegiatan tersebut di hadiri Walikota Ternate, Bupati Halmahera Timur, Sekertris Daerah Halmahera Utara, Kepala OPD lingkup Provinsi Maluku Utara, para Kepala Bapelitabang Kab/Kota, serta tamu undangan lainya.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini