Geruduk PT. NHM, Koperasi TRG Mempertanyakan Realisasi Hasil Penambang

Sebarkan:
Koperasi Tambang Rakyat Gosowong (TRG) menggelar aksi di depan PT. Nusa Halmahera Mineral (NHM)

HALUT, PotretMalut - Koperasi Tambang Rakyat Gosowong (TRG) menggelar aksi di depan PT. Nusa Halmahera Mineral (NHM), Kecamatan Malifut, Halmahera Utara, selasa 17 Januari 2023.

Aksi Koperasi TRG ini sebagai respon terhadap Presiden Direktu (Presdir) NHM, H. Romo Nitiyudo Wachjo. di mna Pimpinan perusahaan itu dinilai tidak mampu merealisasikan secara keseluruhan hasil dari penambang.

Koordinator Aksi TRG Sutrison Bandari mengatakan, sebanyak tiga tuntutan yang dibawa masa aksi, yakni mendesak PT. NHM segera merealisasikan anggaran 2,5 Miliayar ke rekening Koperasi, Segera klarifikasi soal nama baik TRG atas tuduhan dana 2,5 Miliyar yang masuk ke rekening TRG, dan meminta penjelasan Presdir PT. NHM terkait pemotongan 10% dari TRG.

 “Apabila tuntutan tersebut tidak direalisasikan maka tambang rakyat gosowong sebaiknya ditutup, ” katanya.

Sementara Novaldi Djumiyanti Kadato, selaku bendahara Koperasi TRG juga menambahkan, terkait dana 2,5 milyar merupakan hak para penambang rakyat yang harus diberikan.

“Dari keterangan Presdir bahwa dana 2,5 miliyar telah disalurkan melalui kantor Manado. Total keseluruhan yang direalisasi oleh PT.NHM ke koperasi TRG sebesar 27 miliyar. Namun ketika kami cetak rekening koran, hanya Rp.24. 647.827.125.00,  minus 2 miliyar lebih, pungkasnya”.

Dalam aksi tersebut mendapat respon dari pihak NHM, Adnan Jamaludin selaku manager SPI ketika bertemu dengan masa aksi .

Adnan mengungkapkan dana 2,5 miliyar itu hanya salah tulis. Pihaknya berjanji akan mempertemukan masa aksi dengan dengan managemen perusahaan dalam hal ini presdir PT.NHM untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Saya akan mempertemukan masa aksi dengan Presiden Direktur untuk menyelesaikan masalah ini,” tandasnya. (tim/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini