Panwaslu Kecamatan Makian Barat Gelar Sosialisasi Netralitas ASN

Sebarkan:

 

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Makian Barat menggelar sosialisasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)

HALSEL, PotretMalut - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Makian Barat menggelar sosialisasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) jelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada Jumat 6 Januari 2023 yang dipusatkan di kantor Camat Makian Barat. Sosialisasi ini juga dalam rangka menindaklanjuti surat imbauan yang dilayangkan oleh Bawaslu Halmahera Selatan.

Ketua Panwaslu Makian Barat Marjan Mursalin dalam sosialisasnya mengajak seluruh ASN untuk menjaga dan menegakan prinsip netralitas di instansi masing-masing dalam melaksanakan fungsi pelayanan, baik itu sebelum dan setelah pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024.

“Saya imbau agar ASN, TNI-Polri di lingkup kecamatan tidak ikut terlibat dalam politik praktis apalagi kampanye. Hal ini sesuai amanat undang-undang serta imbauan yang di keluarkan oleh Bawaslu Halsel, ”ujarnya.

Menyentil soal media sosial, Marjan bilang ASN dilarang menyukai, beri komentar, membagikan informasi dan menunjukkan dukungan kepada peserta pemilu di media sosial sebab ada sanksi yang akan dijatuhkan seperti sanksi disiplin ringan, disiplin berat, dan sanksi disiplin sesuai kode etik yang berlaku yaitu penurunan pangkat, diberhentikan dari jabatan, penundaan pangkat hingga pemecatan, "jelasnya.

“ASN harus lebih bijak. Jangan jadikan Medsos sebagai ruang kampanye seperti menyukai, memberikan komentar apalagi membagikan dan menyatakan dukungan terhadap Paslon karena ada sanksi.

Sementara Idham Panurat selaku Kordif Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat menambahkan bahwa panwaslu kecamatan terus mengawal setiap tahapan pemilu yang berjalan. Langkah sosialisasi terus digunakan untuk melakukan pencegahan.

“Kami terus mengawal, diharapkan semua mematuhi aturan dan larangan-larangannya.” Ujar Idham

Dia juga menambahkan semua pihak harus mengawal hajatan besar di 2024 sehingga terlaksana dengan baik. Karena sukses dan tidak kegiatan pemilu bukan hanya bergantung pada penyelenggara, melainkan seluruh masyarakat.

“Mari bersinergi dan bersama untuk pemerintah agar pemilu 2024 dapat berjalan sesuai yang di inginkan bersama, yakni pemilu yang jujur dan adil, "tandasnya.(red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini