Target Pemda Halbar, 2024 Kapita Banau Pahlawan Nasional

Sebarkan:
Pemda Halmahera Barat terus memperjuangkan Kapita Banau bin Alum bin Abdul Gani menjadi pahlawan nasional

TERNATE, PotretMalut - Pemda Halmahera Barat terus memperjuangkan Kapita Banau bin Alum bin Abdul Gani menjadi pahlawan nasional. Targetnya tahun 2024.

Bupati Halbar James Uang mengatakan, pengusulan Kapita Banau sebagai pahlawan nasional tak hanya didukung penuh pemerintah daerah, melainkan pula masyarakat.

"Untuk mengakui Kapita Banau sebagai pahlawan nasional, sudah banyak tahapan yang dilalui pemerintah, seperti membuat seminar, dokumentasi hasil kajian. Dan, alhamdulillah saat ini tim telah melakukan itu,"kata Bupati kepada wartawan, kemarin.

Secara ilmiah, kata James, syarat-syarat pengusulan Kapita Banau sebagai pahlawan nasional sudah rampung. Hanya komunikasi politik yang belum. "Kita berusaha melakukan itu (komunikasi politik) sehingga koordinasi ke Pemerintah Pusat jadi mudah", katanya.

Kendati begitu, "kami belum bisa memastikan tahun ini, sebab tidak bisa dalam satu tahun diangkat dua pahlawan nasional di provinsi yang sama. Tapi Pemda Halbar tetap berupaya di tahun 2024 sudah harus ada pengakuan Kapita Banau sebagai Pahlawan Nasional, "tegas James.

Tim yang memperjuangkan kepahlawanan Kapita Banau itu yakni stakeholders, partai poltik, lembaga swadaya masyarakat, dan akademisi.

"Tim ini yang meramu semua kajian akademik termasuk Universitas Khairun, sebab mereka dianggap punya kapasitas untuk mendongkrak hal ini,"ujarnya.

Selain tim, masyarakat Halbar sangat antusias dengan diusulkannya Kapita Banau menjadi pahlawan nasional.

"Masyarakat ingin secepatnya, tapi ini butuh tahapan. Jadi diminta tetap bersabar,"ujar James, sembari menegaskan, "yang jelas niat baik ini tetap kita kawal sampai ada pengakuan Pemerintah Pusat kepada Kapita Banau sebagai pahlawan nasional." (hm/red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini