IAIN Ternate dan Dikbud Malut Jalin Kerjasama

Sebarkan:
Penandatangan MoU oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate Dr. Sahjad M Aksan dan Sekretaris Dikbud Malut Fahmi Alhabsy

TERNATE, PotretMalut - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate resmi menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara. 

Penandatangan Memorandum Of Understanding, oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate Dr. Sahjad M Aksan dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut Fahmi Alhabsy disaksikan oleh Rektor Dr.Radjiman Ismail. Dipusatkan di Auditorium IAIN Ternate dirangkaikan dengan kuliah umum.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Sahjad M Aksan kepada wartawan mengatakan, ada empat poin penting dalam kerja sama yakni  pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

"Bentuk kerja sama ini bertujuan mempermudah mahasiswa ketika turun melaksanakan MBKM di sekolah sekaligus magang dan PPL, misalnya jadi guru di sekolah,"katanya saat ditemui, Selasa (28/2/03) di kampus IAIN Ternate.

Menurutnya, mahasiswa yang melaksanakan PPL selama 2 bulan kemudian menambah waktu 4 sampai dengan 5 bulan untuk magang MBKM , maka beberapa mata kuliah seperti mikroticing, mata kuliah strategi belajar mengajar, maka langsung terkonversi nilai mata kuliahnya. 

Sementara untuk penelitian, lanjut dia, dilakukan oleh guru, dosen maupun mahasiswa kemudian untuk pengabdian masyarakat dilakukan oleh guru dan sasarannya adalah siswa dan guru di sekolah.

"Sasaran guru-guru di sekolah adalah bimbingan penulisan karya ilmiah, desain media teknologi pembelajaran di sekolah dan itu dilakukan oleh dosen saat melakukan pengabdian masyarakat, " pungkasnya.

Sahjad menambahkan, ada empat hal yang akan dimaksimalkan dalam rangka implementasi dari MoU yang sudah disepakati bersama.

"Jadi ada dua yang satu MOU antara kampus dan Dikbud yang kedua surat perjanjian kerja sama sifatnya aplikatif MoU dengan Dikbud. April 2023 ini sudah berjalan, karena kegiatan PPL sekaligus ada yang magang, " jelasnya.

Sementara Sekretaris Dikbud Malut, Fahmi Alhabsy membenarkan adanya MoU antara pihak IAIN Ternate dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara. 

"Poin atau inti dari MoU ini adalah bagaimana akselerasi dan yang kedua IAIN juga bisa membantu untuk menjawab kekurangan guru, " tandasnya. (min/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini