Dikbud Malut Resmi Gelar Pesantren Ramadan

Sebarkan:


Pesantren Ramadan
TERNATE, PotretMalut - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara (Malut) sukses menggelar pembukaan Pesantren Ramadan Tahun 1444 Hijriah dan kegiatan penguatan keagamaan tahun 2023. 

Pesantren Ramadan ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan mulai 27 Maret sampai tanggal 30 Maret nanti.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Almunawwar Ternate Tengah ini, dengan tema “ Menjadi Generasi Qur'ani, Cerdas dan Berkarakter” . Tujuannya kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam dan menjadi muslim yang cerdas, beriman dan bertakwa. 

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Sekretaris Dikbud Malut Fahmi Alhabsy. Adapun Taushiyah Ramadan tentang membumikan nilai-nilai Alqur’an dalam membentuk generasi cerdas dan berkarakter yang dibawakan Dr. Kasman Hi. Ahmad. Dihadiri seluruh guru dan siswa SMA, SMK dan SLB se-Kota Ternate dan sembilan kabupaten kota lainnya melalui zoom meeting. 

Sekretaris Dikbud Malut Fahmi Alhabsy saat sambutan menyampaikan, ramadan adalah bulan tarbiyah (pendidikan), merupakan sarana untuk membina, melatih dan membentuk kepribadian manusia. Agar menjadi pribadi unggul yang bertalwa kepada Allah SWT. Khususnya pendidikan dalam pengertian yang komprehensif integratif. Artijya proses pendidikan yang tidak hanya memiliki makna sebagai sarana pelatihan, tetapi lebih dari itu, yakni bimbingan, pembiasaan perilaku, pembudayaan nilai untuk tumbuhnya karakter positif, akhlakul karimah, lahirnya jiwa keagamaan yang inovatif, kreatif dan transformatif. 

Lanjut dia, ramadan menjadi momentum yang tepat untuk merevitalisasi kembali nilai-nilai spritual. "Harapannya kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi satuan pendidikan di Malut untuk dapat melakukan pembinaan dan penguatan pendidikan karakter secara berkelanjutan, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter, cerdas secara intelektual dan kuat secara spiritual," tutupnya. 

Sementara itu, Penanggungjawab Kegiatan Pesantren Ramadan Makmur menambahkan, kegiatan Pesantren Ramadan 1444 H ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah, inspiring moment, penyajian materi, literasi Al-qur’an, salat berjamaah dan buka puasa bersama. 

Untuk hari pertama kemarin, digelar rangkaian pembukaan acara dan Tausiyah Ramadan secara daring dan luring. Karenanya, peserta yang berada di Kabupaten Kota lain, mengikuti pembukaan kegiatan dan Tausiyah Ramadhan secara daring melalui zoom meeting atau chanal youtube.

"Pembukaannya dilakukan secara serentak di 10 kabupaten kota. Artinya sembilan kabupaten kota lain juga menggelar kegiatan Pesantren Ramadan di wilayahnya masing-masing. Sementara untuk hari kedua dan ketiga akan dilaksanakan di sekolah masing-masing," pungkasnya. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini