SAPI IMUT "Setetes Mani Sejuta Harapan Menuju Sejahtera", Aksi Perubahan Sugeng Wiyono

Sebarkan:


Sugeng Wiyono Reformer "SAPI IMUT" Setetes Mani Sejuta Harapan Menuju Sejahtera 

SOFIFI, PotretMalut – Untuk mempercepat peningkatan populasi Sapi di Maluku Utara, kini hadir SAPI IMUT yang merupakan aksi perubahan reformer Drh. Sugeng Wiyono, MMA.

Sugeng adalah peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I tahun 2023 dengan NDH 12. yang dilaksanakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku Utara. 

Aksi perubahan yang mengambil lokus di Desa Bumi Restu, Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur terbilang sukses, dengan waktu 60 hari dapat dilihat perkembangan populasi Sapi.

Kepala Bidang Peternakan Kesehatan Dinas Pertanian Malut itu mengatakan, kegiatan Inseminasi Buatan (IB) di Malut tidak sesukses daerah lain, karena sistem pemeliharaan peternak di Maluku Utara masih mengandalkan perkawinan alami.

"Dengan IB petani ternak bisa lebih sejahtera karena selain peningkatan populasi, juga memperbaiki mutu genetik untuk perbaikan keturunan," ungkapnya saat ditemui. Jum'at, (22/09/2023).

SAPI IMUT telah dilaunching pada Kamis, 31 Agustus 2023. Sugeng menjelaskan, semua jenis ras sapi yang dihasilkan melalui IB akan diberikan julukan SAPI IMUT.

Sementara, "Setetes Mani Sejuta Harapan Menuju Sejahtera (SAPI IMUT)", Sugeng menjelaskan tujuan jangka panjangnya adalah meningkatkan produktifitas daging untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani, juga peningkatan kesejahteraan peternak.

Dan tujuan jangka menengah, dengan banyaknya kelahiran "Sapi Imut" di lokus aksi perubahan dapat dijadikan contoh untuk diaplikasikan teknologi IB.

Karena itu, Sugeng berharap mendapat dukungan untuk pengembangan Sapi Imut sehingga bermanfaat bagi peternak juga masyarakat terutama untuk kebutuhan protein hewani. (mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini