Tenaga Ahli RMC Kelembagaan Desa Malut Gelar Pelatihan Kuatkan Pemdes

Sebarkan:
Pelatihan Peningkatan kapasitas Aparatur Desa

TERNATE, PotretMalut - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Bina Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jalankan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa tersebut digelar oleh tenaga ahli regional management consultant (RMC) provinsi yang dikontrak resmi di Jakarta pada 3 April lalu.

Rio Lotty, tenaga ahli RMC I Kelembagaan Desa Maluku Utara (Malut) mengatakan, melalui Dirjen Bina Pemdes, 691 desa akan dilatih dan diperkuat pada tahap awal P3PD di Malut yang ditargetkan hingga akhir Oktober mendatang.

"Saat ini ada 7 pelatihan yang berlangsung di Malut, dan terbagi dalam 17 kelas," ungkap Rio saat wawancara usai pengarahan umum orientasi pelatihan di Grand Majang Hotel Ternate, Senin, (25/09/2023) malam.

Rio menyebutkan, tujuh pelatihan yakni penguatan aparatur desa, penguatan kerjasama desa, penguatan lembaga kemasyarakatan desa, pelatihan batas desa, pelatihan posyandu dan pelatihan PKK.

"Untuk tematik penguatan kerjasama desa kita bagi menjadi dua kelas dengan jumlah 64 peserta. Sementara untuk pelatihannya akan berlangsung sejak 25 sampai 28 September, " ujarnya.

Lanjutnya,  penguatan kerjasama desa ini, dibagi dalam dua materi. Pertama Kepemimpinan, kedua Kewirausahaan dan Bum Desa dengan 23 tema,"jelasnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini