Upaya Tangani Sampah, Pemkot Hadirkan Tim dari Bogor Buat Pendampingan

Sebarkan:

 

Rizal Marsaoly (Istimewa)

TERNATE,- PotretMalut - Pemerintah Kota Ternate terus berupaya menyelesaikan Persoalan sampah di Kota Ternate.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, "salah satu langkah pemerintah kota adalah penambahan 50 armada sampah untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Ternate,"ungkapnya, Kamis, (09/11/2023).

Rizal meminta kepada dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Ternate agar segera fungsikan Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) di Kelurahan Gamalama. 

"Di Kota Ternate ada dua TPS3R, satu di Kelurahan Kalumata yang sudah berfungsi dan Kelurahan Gamalama yang harus segera difungsikan,"ujarnya.

Ia menjelaskan, penanganan sampah berbasis partisipatif masyarakat, akan ada pendampingan yang dilakukan oleh tim dari Kabupaten Bogor. 

"Rencana mereka datang di tanggal 27 November. Pendampingan ini sekaligus diaktifkannya TPS3R di Gamalama,"jelasnya.

Rizal menambahkan, sarana pendukung seperti armada sudah ada, DLH tinggal menjalankan tugas, termasuk mengoperasikan armada (Viar) untuk menampung sampah di TPS3R.

"Saya liat, teman-teman DLH sudah bentuk kelompok-kelompok. Saya juga bingung, kenapa DLH belum aktifkan TPS3R Gamalama. Padahal para pemuda dilingkungan itu telah bersedia untuk terlibat membantu Pemkot mengatasi sampah," jelasnya. 

Ia berharap, DLH lebih intens bekerja secara kolaborasi untuk penanganan sampah ditingkat kelurahan.

"Meski masih ada beberapa titik yang belum diangkut, Kota Ternate saat ini sudah lebih baik untuk persoalan sampah, kita lihat sampahnya sudah mulai berkurang,"pungkasnya. (Ham/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini