Amar Manaf Paparkan 7 Program Prioritas Saat Silaturahmi Dengan Wartawan

Sebarkan:

Kakanwil Kemenag Malut, Amar Manaf saat menyampaikan program kepada wartawan (doc. Ham)

TERNATE, PotretMalut – Untuk membangun kerjasama enerjik demi layanan masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Maluku Utara menggelar gathering pada Rabu, (06/12/2023) malam.

Gathering yang dipusatkan di Rotasi Coffe, Jalan Tugu Maku Gawene, Kelurahan Kayu Merah, Ternate Selatan itu mengangkat tema, "Kanwil Kemenag Malut Menyapa Insan Pers".

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Malut, Amar Manaf memaparkan tujuh program prioritas Kemenag, juga tujuan digelar gathering bersama awak media.

Ketujuh program yang disampaikan dihadapan puluhan wartawan yaitu penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), kemandirian pesantren, cyber university, religiostry index dan tahun kerukunan.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan capaian kinerja tahunan Kemenang dibawah kepemimpinan Yaqut Cholil Qoumas.

"Kemandirian pesantren dibangun melalui tiga ekosistem, yaitu ekosistem digital, UMKM, dan ekosistem halal," ungkapnya.

Amar juga memaparkan, beberapa pesantren di Malut yang menerima program kemandirian pesantren, mampu menjalankan usaha untuk menopang keuangan.

"Bantuan yang Kita berikan kebanyakan peralatan UMKM," tuturnya.

Sementara untuk revitalisasi KUA, Ia mengatakan dilakukan melalui tiga indikator diantaranya peningkatan sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan sistem informasi pelayanan KUA.

"Revitalisasi telah kita lakukan di 20 KUA yang tersebar di 10 kabupaten/kota," ujarnya.

Ia juga menginformasikan program transformasi digital Gusmen Yaqut yang akan diarahkan pada satu data Kemenag, termasuk didalamnya daftar haji melalui Pusaka Apss.

"Salah satu program yang sangat penting saat ini adalah moderasi beragama, karena agama bisa menjadi isu penting yang digaungkan di tahun Pemilu," tambahnya.

Foto bersama usai Gathering 

Saat diwawancarai wartawan, Amar menegaskan, wartawan sangat penting dihadapan pihaknya sebagai perpanjangan untuk menjangkau masyarakat.

"Wartawan sangat penting karena melalui mulut dan tangannya, apa yang kita lakukan dapat diketahui masyarakat," ungkap Amar.

Ia menambahkan, gathering bersama media digelar untuk meminta masukan terbaik dari insan pers kepada Kemenag.


Amar juga berharap, melalui gathering tersebut, kedepannya wartawan bisa berpartisipasi dalam program yang dilakukan Kemenag.

"Pertanyaan dan masukan wartawan penting untuk program tahunan Kemenang. Ini adalah awal membangun hubungan kerjasama yang enerjik," pungkasnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini