Wali Kota Ternate Launching HAJAT Ke-773 dan Peresmian Pantai Falajawa

Sebarkan:

Launching HAJAT Ternate ke-773 tahun dan peresmian Pantai Falajawa 

TERNATE, PotretMalut - Launching Hari Jadi (HAJAT) Ternate Ke-773 tahun dirangkaikan dengan peresmian ruang publik Pantai Falajawa berlangsung pada Sabtu, (02/12/2023).

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat sambutan dalam acara tersebut mengatakan, HAJAT dengan tema "Ternate Bersih, Ternate Sehat" memiliki makna filosofis, tidak sekedar bersih dan sehat secara kasat mata.

"Bersih dan Sehat bertolak dari hati yang bersih dan jasmani yang kuat, bertolak dari cara pikir kita atas setiap realitas lingkungan, termasuk penyakit sosial yang kita hadapi dalam keseharian," ujarnya. 

Menurut Tauhid, rangkaian kegiatan HAJAT merupakan cerminan kerjasama dan semangat gotong royong. HAJAT Ternate bukan sekedar peringatan sejarah, melainkan panggilan untuk terus berbenah, berkembang, dan memberikan yang terbaik. 

"Launching hari ini adalah awal dari rangkaian kegiatan yang penuh makna. Perayaan ini sebagai momen untuk bersatu, berbagi, dan memberikan yang terbaik bagi kota tercinta," ungkapnya. 

Tauhid menyebutkan, ruang publik Pantai Falajawa merupakan sejarah Ternate sebagai kota dagang.

"Pelabuhan Residen menjadi saksi bisu perjalanan bangsa sebagai episentrum pelabuhan Pelayaran sejak era kolonial hingga kini," ucapnya.

Ia mengajak seluruh warga Ternate untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan HAJAT, juga aktif menjaga seluruh fasilitas yang telah di bangun.

Selain itu, sambung Tauhid, dalam peringatan HAJAT ke-773, perlu dirajut harapan menjadikan Ternate sebagai kota bersih, hijau, dan sehat.

"Sebagai kota rempah, Ternate merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga kesehatan warga dan kebersihan lingkungan merupakan syarat yang mesti dipenuhi," ujarnya.

Tauhid menyebutkan, Kota Ternate meraih penghargaan Kota Sehat kategori SWASTI SABA PADAPA yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI.

Penghargaan itu, menurut Tauhid, menjadi bukti komitmen Kota Ternate dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui sinergi dan kolaborasi Forum Kota Sehat Kota Ternate (FKTS) bersama tim pembina FKTS kota ternate. 

"Penghargaan Kota Sehat menjadi motivasi untuk meningkatkan koordinasi dan keharmonisan lintas sektor dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan implementasi program daerah yang inovatif dan kreatif untuk mencapai visi kota yang Mandiri dan Berkeadilan," tandasnya. (Ham/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini