Prodi PAI IAIN Ternate Raih Akreditasi Unggul

Sebarkan:

Penandatanganan berita acara pelaksanaan AL

TERNATE, PotretMalut - Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Ternate berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan.

Akreditasi tersebut tertuang dalam Keputusan Nomor: 266/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 tertanggal 04 Maret 2024.

Asesor I, Zulkifli  Musthan saat dikonfirmasi via Whatsapp mengatakan, proses akreditasi Prodi PAI FTIK IAIN telah dijalankan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

"Setelah Prodi PAI mengajukan Borang, sebagai asesor kami memeriksa dan meneliti, setelahnya melakukan Asesmen Lapangan pada 19 sampai 20 Februari," ungkapnya, Kamis, (07/03/2024).

Spanduk ucapan selamat datang 

Setelah tahapan AL, asesor I dan II mengakumulasi seluruh proses, membuat berita acara dan menyempurnakan semuanya.

"PAI FTIK IAIN Ternate proses akreditasi termasuk cepat, hanya sekitar dua minggu pengajuan setelah AL. Ini tercepat dalam pengalaman saya menjadi asesor," ujarnya.

Sementara, Rektor IAIN Ternate, Radjiman Ismail saat ditemui mengucapkan terima kasih kepada Dekan dan seluruh pimpinan FTIk, juga tim borang yang bekerja menyiapkan dokumen pengajuan akreditasi.

Ia menuturkan, kepemimpinannya menargetkan pengembangan kelembagaan dan pengembangan SDM.

"Pengembangan kelembagaan salah satunya akreditasi Prodi seluruh fakultas harus unggul. Alhamdulillah yang pertama PAI mengajukan reakreditasi," sebut rektor.

"Untuk SDM, kami menargetkan pengembangannya di mulai dari dosen. Akan didorong secara bertahap untuk meningkatkan kepangkatan, juga upaya untuk melanjutkan studi sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan fakultas," tambahnya.

Bersamaan, Dekan FTIK IAIN Ternate, Sahjad M. Aksan menyebutkan, upaya yang dilakukan sejalan dengan program rektor.

Ucapan selamat dari Perkumpulan Prodi PAI Indonesia 

"Kami akan melakukan reakreditasi Prodi setiap tahun, target pertama prodi PAI, Alhamdulillah mencapai unggul dengan nilai 368," sebutnya.

Ketua Program Studi PAI, Agus mengatakan, PAI meraih akreditasi Unggul merupakan anugerah.

"Capaian yang merupakan kerjasama dari semua pihak ini Insya Allah menjadi berkah, terutama bagi masyarakat di Maluku Utara," ujarnya.

Pihaknya berharap, kedepannya secara bertahap Prodi-prodi yang lain juga bisa mencapai akreditasi Unggul.

"Harapannya mahasiswa kami semakin semangat menimbah ilmu di Prodi PAI," harapnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini