IAIN Ternate Gelar Wisuda Periode Ganjil Tahun Akademik 2023/2024

Sebarkan:

Rektor IAIN Ternate, Prof Dr. Radjiman Ismail kukuhkan wisudawan dan wisudawati 

TERNATE, PotretMalut - Institut Agama Islam Negeri Ternate menggelar Wisuda XII IAIN Ternate tahun 2024 pada Sabtu, (27/04/2024).

Pada Wisuda kali ini, Rektor IAIN Ternate, Prof Dr. Radjiman Ismail secara resmi mengukuhkan 178 orang wisudawan dan wisudawati.

178 wisudawan dan wisudawati ini terdiri dari 65 orang dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), dari Fakultas Syariah, 17 Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), 60 wisudawan dan wisudawati dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan 2 dari Pascasarjana.

Rektor IAIN Ternate dalam sambutan mengatakan, pelaksanaan wisuda sarjana dan Pascasarjana IAIN Ternate tahun 2024, dilaksanakan dalam dua periode, yakni periode ganjil dan periode genap tahun akademik 2023/2024.

Mewakili Sivitas akademika IAIN Ternate, rektor memberikan selamat kepada wisudawan, baik program sarjana dan magister yang menyelesaikan studi di IAIN Ternate dengan tepat waktu, bahkan ada yang sebelum waktunya.

Radjiman menyebutkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkan  impian civitas akademika dan juga masyarakat Maluku Utara yakni transformasi IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

"Beberapa program yang telah dilakukan adalah peningkatan akreditasi program studi dan akreditasi perguruan tinggi, peningkatan kualitas tenaga pendidikan dan kependidikan, peningkatan sarana prasarana, pengembangan di bidang kemahasiswaan dan kerja sama, dan peningkatan kualitas pemanfaatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya.

Dari program-program itu, sebut rektor, di tahun 2024 berhasil menjadikan program studi Pendidikan Agama Islam telah memperoleh akreditasi unggul dari LAMDIK.

"Kami terus mendorong setiap fakultas minimal satu program studi mencapai akreditasi unggul tahun 2025," ujarnya.

Rektor menambahkan, sebanyak 5 dosen IAIN Ternate yang berproses meraih guru besar pada tahun 2023, termasuk dirinya yang diputuskan menjadi guru besar oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada 31 Agustus 2023 lalu.

"IAIN Ternate telah memiliki 3 Guru Besar yaitu saya sendiri, dua kolega kami yaitu Prof Dr. M.Djidin dan Prof.Dr. H Jubair Situmorang. Kami terus berkomitmen membantu tenaga pendidik di IAIN Ternate dalam mewujudkan impian mereka dalam meraih status guru besar," ungkapnya.

IAIN Ternate juga bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemprov Malut, juga Perguruan Tinggi, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. 

"Langkah ini dilakukan untuk pengembangan SDM yang ada di IAIN Ternate yang nantinya berimplikasi pada pengembangan lembaga," jelasnya.

Ia juga menuturkan, orientasi penyelanggaraan pendidikan di IAIN Ternate telah mengalami perubahan secara signifikan.

"Kami memiliki komitmen yang kuat dalam melahirkan lulusan berkualitas untuk menyongsong dunia kerja yang serba teknologi," pungkasnya.

Prosesi wisuda yang berlangsung di Auditorium Babullah IAIN Ternate, dihadiri oleh para Guru Besar IAIN Ternate, pimpinan di lingkungan IAIN Ternate, pimpinan Perguruan Tinggi, Dosen, dan para alumni. (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini